Kamis, 13 Juli 2017

Tugas Softskill: Analisis Website Pendidikan Dan Media Sosial


Nama Kelompok:

1.    Pahmi Deri Sutisna (55415292)
2.     Alfian Niranda (50415510)
3.   Dzaky Trisna Junaidi (52415099)

 Informasi sangatlah penting bagi kita, karena dengan adanya informasi, kita menjadi tahu hal-hal penting yang kita butuhkan saat ini. Banyak cara untuk menyampaikan informasi, baik lewat media cetak maupun dunia maya. Pada saat ini, sudah banyak perusahaan atau instansi pemerintahan yang memiliki website sendiri untuk memberikan informasi kepada penggunanya mengenai perkembangan terbaru dari perusahaan atau instansi tersebut. Selain memberikan informasi, website tersebut juga memberikan pelayanan kepada pengguna contohnya di website kemdikbud terdapat layanan “rumah belajar”. Pada layanan ini, pengguna bisa belajar online disini tanpa harus keluar rumah. Peran dari suatu website sangatlah penting oleh karena itu, suatu website harus memperhatikan beberapa aspek yaitu usability, isi/content yang menarik dan bermanfaat, waktu akses yang cepat, user friendly dan lain-lain.


Perkembangan Teknologi yang semakin pesat tentunya membawa dampak positif bagi penggunanya, salah satunya adalah mendapatkan informasi yang terbaru dari website-website tertentu. Pada kesempatan ini, saya bertujuan untuk menganalisa berbagai pola implementasi dan kualitas pada dua website milik pemerintah yaitu milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan kementerian riset juga website media social seperti twitter dan facebook dengan menggunakan metode penelitian yang diambil dari situs alexa.com, dan pengukuran lainnya.

    1.    Analisa Website

-  Traffic Rank
Traffic rank adalah fasilitas pada situs web alexa.com yang menyediakan informasi mengenai ranking atau peringkat suatu situs, baik ranking di dunia maupun lokal. Alexa Traffic Rank mempunyai nilai peringkat dari nilai terkecil yaitu angka 1 ( satu ) sampai dengan seterusnya ( nilai berjuta-juta ) yang mana dalam perhitungan sistem apabila semakin kecil nilai rank situs anda maka semakin baguslah peringkat situs tersebut.

1.    Website Kementrian riset dan teknologi (http://www.dikti.go.id)

pada situs pertama saya akan menganalisis web dari kementerian riset dan teknlogi
Adapun alamat web nya adalah www.dikti.go.id .Berdasarkan hasil pengukuruan www.dikti.go.id menggunakan web www.alexa.com adalah sebagai berikut:




berdasarkan gambar diatas maka kita bisa mengetahui bahwa web tersebut labih banyak dikunjungi secara global sebanyak 22,264, sedangngkan di indonesia hanya sebesar 820.



berdasarkan gambar diatas terlihat grafik kunjungan ke situs tersebut melalui search engine dan juga tabel yang menunjukan kata kunci apa yang sering digunakan untuk mengakses stus tersebut.




Gambar selanjutnya menunjukkan jumlah pengunjung terbesar berdasarkan negara asalnya.

2.    Website website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ( http://www.kemdikbud.go.id )

Selanjutnya saya akan menganalisis web dari kementrian pendidikan dan kebudayaan Indonesia, alamat webnya adalah www.kemdikbud.go.id


Setelah di analisis, dapat disimpulkan bahwa website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ( http://www.kemdikbud.go.id/ ) menempati posisi ke 3,853 dari seluruh situs di dunia dan di Indonesia website ini menempati posisi ke 87. Maka dapat dinyatakan bahwa situs kemdikbud ini memiliki peringkat yang bagus dibandingkan dengan Website Kementrian riset dan teknologi.




berdasarkan gambar diatas terlihat grafik kunjungan ke situs tersebut melalui search engine dan juga tabel yang menunjukan kata kunci apa yang sering digunakan untuk mengakses stus tersebut.




Gambar selanjutnya menunjukkan jumlah pengunjung terbesar berdasarkan negara asalnya.

      -       Bounced Rate

Bounced rate adalah persentase jumlah pengunjung yang hanya membuka satu halaman saja pada website yang di miliki. Semakin kecil persentase bounce rate yang ditunjukkan, maka kinerja website tersebut akan semakin baik. Daily Pageviews per Visitor adalah jumlah halaman yang dilihat oleh pembaca perharinya dan Daily Time on Site adalah lama waktu yang dihabiskan pembaca saat berada di website anda.

1.    Website Kementrian riset dan teknologi ( www.dikti.go.id )


2.    Website website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ( http://www.kemdikbud.go.id )



Setelah di analisa, Website milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ( http://kemdikbud.go.id ) memiliki tingkat persentase Bounce Rate yang cukup rendah yaitu 33,30%, beda tipis dengan Website  milik Kementrian riset dan teknologi ( www.dikti.go.id ) memiliki tingkat persentase Bounce rate 33.70%. Daily Time on Site pada website kemdikbud.go.id menunjukkan angka 7:10 berbeda dengan Website  milik Kementrian riset dan teknologi ( www.dikti.go.id ) yang menunjukkan angka 6:52, tetapi di bagian Daily Pageviews website milik Kementrian riset dan teknologi ( www.dikti.go.id ) menempati posisi sedikit lebih tinggi yaitu dengan jumlah halaman rata-rata 5 lembar sedangkan pada website ristek.go.id hanya 4 lembar. Maka dapat dikatakan bahwa situs dikti.go.id mampu memikat pembaca bertahan lama untuk mengunjungi website tersebut.
    
    2.    Search Engine

Search engine adalah sistem database yang dirancang untuk mengindex alamat-alamat website di internet . Untuk melaksanakan tugasnya ini, search engine atau mesin pencari memiliki program khusus yang biasanya disebut spider crawler. Pada saat Anda mendaftarkan sebuah alamat website (URL), spider dari search engine tersebut akan menerima dan menganalisa URL tersebut lalu mengcrawlnya.

Dengan proses dan prosedur yang serba otomatis, spider ini akan memutuskan apakah web yang anda daftarkan layak diterima atau tidak pada search engine tersebut. Jika layak, spider akan langsung menambahkan alamat URL tersebut ke sistem database mereka. Rangking-pun segera ditetapkan dengan algoritma dan caranya masing-masing. Jika tidak layak, terpaksa Anda harus bersabar dan mengulangi pendaftaran diwaktu yang lain. Jadi semua yang namanya search engine, pasti memiliki program yang disebut Spider crawler. Dan program inilah yang sebenarnya menentukan posisi web site Anda di search engine tersebut.

1.    Website Kementrian riset dan teknologi ( www.dikti.go.id ) 

                                     



   2.    Website website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ( http://www.kemdikbud.go.id ) 

                             

 berdasarkan hasil pada gambar diatas, situs http://www.dikti.go.id dan http://www.kemdikbud.go.id berada di peringkat teratas google. Hal ini bisa terjadi karena mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tertang banyak halaman web, yang diambil secara langsung dari www. Halaman ini di ambil dengan web crawler-browser web yang otomatis mengikuti setiap pranala yang di lihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya kata-kata di ambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang di sebut meta tag ).

    3.    Web Archiving

      Pengarsipan web (web archiving) adalah proses mengumpulkan bagian dari WWW dan memastikan koleksi tersebut diawetkan dalam suatu arsip, misalnya situs arsip, untuk diakses peneliti, sejarawan, dan masyarakat umum pada masa datang.




 berdasarkan gambar diatas model arsip situs dikti dan kemdikbud tersebut menggunakan model kategori. Dimana file-file yang ada disimpan berdasarkan kategori tertentu. Hal ini dilakukan untuk memudah kan pengunjung untuk mencari informasi yang diinginkannya secara cepat.

Media sosial

Selanjutnya saya akan menganalisis website media social yaitu twitter dan facebook.

   1.    Twitter ( twitter.com )

Twitter didirikan pada bulan March 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp dan dilancarkan pada bulan juli di tahun yang sama. Pendiri Twitter ada 3 orang, yaitu Jack Dorsey, Biz Stone, dan Evan Williams. Twitter adalah sebuah situs web jejaring sosial yang dimiliki dan di operasikan oleh Twitter Inc, yang memungkinkan untuk mengirim dan membaca pesan singkat yang disebut tweets. Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruhdunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna.

Di Amerika, Twitter sangatlah popular bahkan hampir bisa disamakan ke populerannya dengan Facebook. Salah satu hal yang menyebabkan Twitter begitu popular adalah karena kesederhanaannya serta mampu menjawab tantangan sebuah media social untuk salaing berkomuikasi secara lebih sederhana antar pengguna.

Tampilan web twitter:

                                              
                                     
   2.    Facebook

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.

Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Entertainment Weekly menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana caranya kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan bermain Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?" Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011. Menurut Social Media Today pada April 2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook. Meski begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di sejumlah wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan Kanada pada Mei 2011.

Tampilan web Facebook:




Untuk menganalisa twitter dan facebook dapat kita lihat dari ukuran, search engine dan web archiving dengan menggunakan tool alexa rank. Berikut penjelasannya:

·         Ukuran

Twitter:




Facebook:




Berdasarkan analisa alexa rank terbagi atas 2 yaitu global rank atau Negara asal dari website yang ditentukan. Dapat dilihat facebook lebih unggul dari twitter dengan mendapatkan rank 3 pada global dan 3 pada rank in united stated, sedangkan twitter mendapatkan rank 12 pada global rank, dan rank 8 pada United states rank.

·         Search engine

Twitter:




Facebook:



Selanjutnya Alexa rank menampilkan persentase pengunjung situs dengan menggunakan mesin pencari sebanyak 10.80% pada twiter dan 6.70% pada facebook, Tabel diatas menunjukkan kata kunci teratas yang mengirim lalu lintas ke situs ini dari mesin pencari. Daftar ini diperbarui setiap bulan. Disini kata yang sering digunakan pada twitter adalah twitter dengan sebanyak 3.99%. untuk facebook memiliki kata kunci teratas sebesar 8.03% yaitu dengan kata kunci Facebook.

·         web archiving

web archiving merupakan penyimpanan file – file yang ada dalam suatu web. Dalam web twitter ada beberapa web archiving yakni tweet dan mention dll, sedangkan facebook memiliki web archiving yang lebih banyak dari pada twitter. Berikut dapat dilihat tampilan beranda pada twitter dan facebook:

twitter:




Facebook:




Demikianlah pembahasan yang saya lakukan. Jika ada kesalah dan kekurangan mohon dimaafkan. Sekian dari saya.

SOURCE:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makasih sudah Berkunjung, Jangan Lupa Tinggalkan komentar Ya Salam Kenal~

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...