Selasa, 08 Maret 2016

TUGAS IBD: Kepribadian Bangsa Timur

KATA PENGANTAR

            Puji syukur Saya panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga Saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan Tepat waktu.
            Adapun isi dari makalah ini mengenai “Kepribadian Bangsa Timur”, yang akan membahas tentang Kepribadian Bangsa Timur.
            Tak lupa pula ucapan terima kasih Saya kepada Kerabat dan orang-orang yang telah berpartisipasi atas terselesaikannya makalah ini.
            Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kritik dan saran sangat dibutuhkan agar makalah ini kedepannya dapat disempurnakan.




BAB I
PENDAHULUAN 

Kepribadian Bangsa Timur

Kepribadian diartikan sebagai suatu pola sikap yang mencerminkan sifat atau karakter seseorang dengan lingkungannya. Kepribadian bangsa timur dapat diartikan sebagai suatu sikap yang dimiliki oleh suatu negara yang menentukan penyesuaian dirinya yang unik terhadap lingkungannya. Kepribadian bangsa timur pada umumnya merupakan kepribadian yang mempunyai sifat tepo seliro atau memiliki sifat toleransi yang tinggi. Dalam berdemokrasi bangsa timur umumnya aktif dalam mengutarakan aspirasi rakyat. Seperti di negara Korea, dalam berdemokrasi mereka duduk sambil memegang poster protes dan di Negara Thailand, mereka berdemokrasi dengan tertib dan damai.

Kepribadian bangsa timur juga identik dengan tutur kata yang lemah lembut dan sopan dalam bergaul maupun dalam berpakaian. Terdapat ciri khas dalam berbagai negara yang mencerminkan negara tersebut memiliki suatu kepribadian yang unik. Misalnya masyarakat Indonesia khususnya daerah Jawa. Sebagian besar mereka bertutur kata dengan lembut dan sopan. Dan terdapat beberapa aturan atau larangan yang tidak boleh dilakukan menurut versi orang dulu yang sebenarnya menurut orang Jawa itu suatu nasihat yang membangun. Misalnya tidak boleh duduk di depan pintu. Hal tersebut merupakan ciri khas kepribadian yang unik.

Bangsa timur erat kaitannya dengan rasa sosialisasi dan rasa solidaritas yang tinggi. Misalnya saling tolong menolong dan bergotong royong yang dilakukan bersama-sama. Hal tersebut bagi bangsa timur merupakan suatu sikap yang bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan. Bangsa timur juga memiliki kebudayaan yang masih kental dari negara atau daerah masing-masing. Masih ada adat-adat atau upacara tertentu yang masih dilaksanakan oleh bangsa timur. Misalnya bangsa Indonesia masih banyak yang melaksanakan upacara-upacara adat dan tarian khas dari masing-masing daerah. Contohnya daerah Bali yang masih melaksanakan tarian khas daerahnya yaitu tarian pendet, kecak, tarian barong. Terbuka dengan negara lain merupakan salah satu kepribadian yang dimilki oleh bangsa timur. Mereka menjalin kerjasama antara bangsa yang satu dengan bangsa yang lain yang tergabung dalam ASEAN

BAB II
TEORI

Pengertian Kebudayaan

Kata "kebudayaan berasal dari (bahasa Sanskerta) yaitu "buddayah" yang merupakan bentuk jamak dari kata "budhi" yang berarti budi atau akal. Kebudayaan diartikan sebagai "hal-hal yang bersangkutan dengan budi atau akal". Pengertian Kebudayaan secara umum adalah hasil cipta, rasa dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang kompleks yang mencakup pengetahuan, keyakinan, seni, susila, hukum adat dan setiap kecakapan, dan kebiasaan.  Sedangkan menurut definisi Koentjaraningrat yang mengatakan bahwa pengertian kebudayaan adalah keseluruhan manusia dari kelakuan dan hasil yang harus didapatkannya dengan belajar dan semua itu tersusun dalam kehidupan masyarakat. Senada dengan Koentjaraningrat, didefinisikan oleh Selo Soemardjan dan Soelaeman Soenardi, pada bukunya Setangkai Bunga Sosiologi (Jakarta :Yayasan Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1964), hal 113, merumuskan kebudayaan sebagai semua hasil karya, cipta, dan rasa masyarakat. Karya masyarakat menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan atau kebudayaan jasmaniah (material culture) yang diperlukan oleh manusia untuk menguasai alam sekitarnya agar kekuatan serta hasilnya dapat diabdikan untuk keperluan masyarakat. 

Pengertian Kebudayaan dalam bahasa inggris disebut culture. merupakan suatu istilah yang relatif baru karena istilah culture sendiri dalam bahasa inggris baru muncul pada pertengahan abad ke-19. Sebelumnya pada tahun 1843 para ahli antropologi memberi arti kebudayaan sebagai cara mengolah tanah, usaha bercocok tanam, sebagaimana tercermin dalam istilah agriculture dan holticulture. Hal ini bisa kita mengerti karena istilah culture berasal dari bahasa Latin colere yang berarti pemeliharaan, pengolahan tanah pertanian. Pada arti kiasan kata itu juga berarti "pembentukan dan pemurnian jiwa". Seorang antropolog lain, E.B. Tylor (1871), dalam bukunya yang berjudul Primitive Culture (New York ; Brentano's, 1924), hal 1, yang mendefinisikan pengertian kebudayaan bahwa kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan lain kemampuan-kemampuan serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

Kepribadian Bangsa Timur

        Kepribadian Bangsa Timur merupakan suatu karakter yang mencerminkan masyarakat yang menganut budaya dari Timur (Asia & Timur-Tengah), yang menunjukkan ke-khasan dan pola pikir dan kebiasaan yang terdapat di daerah Timur.
Kepribadian bangsa timur pada umumnya merupakan kepribadian yang mempunyai sifat tepo seliro atau memiliki sifat toleransi yang tinggi.
Dalam berdemokrasi bangsa timur umumnya aktif dalam mengutarakan aspirasi rakyat. Seperti di negara Korea, dalam berdemokrasi mereka duduk sambil memegang poster protes dan di negara Thailand, mereka berdemokrasi dengan tertib dan damai.
Kepribadian bangsa timur juga identik dengan tutur kata yang lemah lembut dan sopan dalam bergaul maupun dalam berpakaian. Terdapat ciri khas dalam berbagai negara yang mencerminkan negara tersebut memiliki suatu kepribadian yang unik. Misalnya masyarakat Indonesia khususnya daerah Jawa. Sebagian besar mereka bertutur kata dengan lembut dan sopan. Dan terdapat beberapa aturan atau larangan yang tidak boleh dilakukan menurut versi orang dulu yang sebenarnya menurut orang Jawa itu suatu nasihat yang membangun. Misalnya tidak boleh duduk di depan pintu. Hal tersebut merupakan ciri khas kepribadian yang unik.
Bangsa timur juga memiliki kebudayaan yang masih kental dari negara atau daerah masing-masing. Masih ada adat-adat atau upacara tertentu yang masih dilaksanakan oleh bangsa timur. Misalnya bangsa Indonesia masih banyak yang melaksanakan upacara-upacara adat dan tarian khas dari masing-masing daerah. Contohnya daerah Bali yang masih melaksanakan tarian khas daerahnya yaitu tarian pendet, kecak, tarian barong.

Sifat dan Ciri Kepribadian Bangsa Timur

    -      Hospitality

maksud dari sifat tersebut menunjukkan bahwa bangsa timur memiliki sifat yang ramah dan sopan serta mudah bersosialisasi dengan bangsa lainnya. Sikap peduli terhadap lingkungan sekitar membuat bangsa timur mudah bergaul berbeda dengan bangsa barat yang cenderung hidup lebih individualis.
-      Hardworking
pekerja kera merupan sifat yang tidak bisa dianggap remeh. Bangsa Timur dikenal dengan orang-orangnya yang tidak mudah menyerah, rajin dan bersungguh sungguh saat melakukqan sesuatu apalagi yang berhubungan dengan pekerjaan.
-      Religius & Well-cultured
Bangsa timur juga terkenal karena keragaman ras dan kebudayaan. Tidak hanya menang kuantitas, hal utama yang menjadi pedoman hidup bangsa timur adalah tradisi dan agama. Karena keterikatan dengan adat dan budaya menjadikan pembatas individu-individu bangsa timur untuk mencapai potensi maksimalnya.
-      Respect for Elders
Bangsa timur dikenal dengan kesopanannya dan menjunjung tinggi norma kesopanan. Adat yang berlaku di lingkungna bangsa timur sangat berpengaruh terhadap kesopanan orang-orangnya.
-      Diligent
Karena bangsa timur dikenal pekerja keras dan rajin ini menyebabkan bangsa timur cerdas dan pantang menyerah.
-      Attached to Norms
Sebagai bangsa timur, dikenal amat menjunjung tinggi norma-norma. Bangsa timur cenderung judgemental menyangkut hal-hal yang bertentangan dengan norma.
-      Strong family Ties
Kebanyakan orang-orang bangsa timur sangat bergantung pada keluarganya. Keluarga menjadi factor utama dalam hal mempertimbangkan banyak hal seperti urusan jodoh dan karir.
Etiket Pergaulan Barat Dan Timur

Etiket Barat adalah kebudayaan yang cara pembinaan kesadarannya dengan cara mamahami ilmu pengtahuan dan filsafat. Mereka melakukan berbagai macam cara diskusi dan debat untuk menemukan atau menentukan makna seperti apa yang sebenarnya murni /asli dari kesadaran. Mereka banyak belajar dan juga mengajar yang awalnya datang dari proses diskusi dan perdebatan yang mereka lakukan. Melalui proses belajar dan mengajar, para ahli kebudayaan barat dituntut untuk pandai dalam berceramah dan berdiskusi. Hal itu dilakukan karena pada akhirnya akan banyak yang mengikuti ajarannya..
Letak perbedaan antara budaya barat dan timur bisa pertama kali dilihat dari etika moral, adat istiadat dan cara penyelesaian masalah. Budaya barat mengenal etika moral yang lebih bebas, dimana masyarakat tidak malu mengumbar kemesraan seperti berciuman di depan publik. Adat istiadat tidak terlalu kuat, pengaruhnya sangat lemah bila dibandingkan hukum negara. Penyelesaian sebuah masalah dalam budaya barat langsung ke inti utama, tak berbelit-belit dan masalah lebih cepat terselesaikan.
Etika barat terkenal dengan kebebasan, baik dalam gaya berpakaian ataupun pergaulan. Setiap orang punya hak untuk mengekspresikan cara berpakaian, entah itu terbuka ataupun tertutup. Mereka tak pernah malu akan pakaian yang dikenakan. Pembatasan dalam hal pergaulan tidak begitu ketat, kumpul kebo ataupun perilaku seks bebas seakan bukan hal tabu. Meskipun begitu, masyarakat dikenal bersifat individualisme, lebih mementingkan diri sendiri.
Konsep budaya barat umumnya terkait dengan definisi klasik dari dunia barat. Dalam definisi ini, budaya barat adalah himpunan sastra, sains, politik, serta prinsip-prinsip artistik dan filosofi yang membedakannya dari peradaban lain. Beberapa kecenderungan yang dianggap mendefinisikan masyarakat barat modern, antara lain dengan adanya pluralisme politik, berbagai subkultur atau budaya tandingan penting (seperti gerakan-gerakan zaman baru), serta peningkatan sinkretisme budaya sebagai akibat dari globalisasi dan migrasi manusia.
Ada 3 ciri dominan dalam Etiket Barat:
1.      Penghargaan terhadap martabat manusia, hal ini bisa dilihat pada nilai-nilai seperti: demokrasi, institusi social dan kesejahteraan ekonomi.
2.      Kebebasan, di barat anak-anak berbicara terbuka di depan orang dewasa, orang berpakaian menurut selera masing-masing, mengemukakan pendapat secara bebas tidak membedakan status social dan sebagainya.
3.      Penciptaan dan pemanfaatan teknologi, seperti pesawat jet, satelit, televise, telepon dan sebagainya. Orang barat cenderung menekan logika dan imu.

Etiket pergaulan timur

Manusia dimuka bumi ini mendiami wilayah yang berbeda, ada yang mendiami wilayah timur, wilayah barat dan wilayah timur tengah. Hal ini membuat kebiasaan, adat istiadat, kebudayaan dan kepribadian setiap manusia suatu wilayah berbeda dengan yang lainnya.  Negara Indonesia termasuk ke dalam bangsa Timur, yang dikenal sebagai bangsa yang berkepribadian baik. Bangsa Timur dikenal dunia sebagai bangsa yang ramah dan bersahabat.  Orang-orang dari wilayah lain sangat suka dengan kepribadian bangsa Timur, mengapa? Karena mereka senang dengan kepribadian bangsa Timur yang tidak individualis dan saling tolong menolong.
Kepribadian bangsa timur dapat diartikan suatu sikap yang dimiliki oleh suatu negara yang menentukan penyesuaian dirinya terhadap lingkungan. Kepribadian bangsa timur pada umumnya merupakan kepribadian yang mempunyai sifat toleransi yang tinggi. Kepribadian bangsa timur, kita tinggal di Indonesia termasuk ke dalam bangsa timur, dikenal sebagai bangsa yang berkepribadian baik. Di dunia bangsa timur dikenal sebagai bangsa yang ramah dan bersahabat
Bangsa timur identik dengan benua asia yang penduduknya sebagian besar berambut hitam, berkulit sawo matang dan adapula yang berkulit putih, bermata sipit. Sebagian besar cara berpakaian orang timur lebih sopan dan tertutup mungkin karena orang timur kebanyakan memeluk agama islam dan menjunjung tinggi norma-norma yang berlaku. Namun di zaman yang sekarang ini orang timur kebanyakan meniru kebiasaan orang barat. Kebiasaan orang barat yang tidak sesuai atau bertentangan dengan kebiasaan orang timur dapat memengaruhi kejiwaan orang timur itu sendiri.

Beberapa Perbedaan Antara Etiket Pergaulan Barat dan Timur

1.    We are all equal
·        Barat
Ketika orang barat bertemu dan berjabat tangan, keduanya akan saling mengatakan “HI”, seorang akan mengatakan “how are you” dan yang lain akan menjawab “fine, and you?” ini melambangkan tidak ada jarak diantara mereka, tidak peduli siapa dulu yang memulai pembicaraan dan tidak membedakan status.
·        Timur
Ketika orang muda bertemu dengan orang yang lebih tua dan berjabat tangan. Dan orang yang lebih mudah akan melakukannya dengan sedikit membungkuk sebagai tanda hormat.
2.    Equality is demonstrated be eye-to-eye contact.
·        Barat
Ketika orang barat berbicara dengan orang lain, dia akan selalu memperhatikan lawan bicara dengan menatap kedua mata lawan bicaranya.
·        Timur
Berbeda dengan budaya timur, hal itu bisa diartika sebagai tantangan atau tidak menghormati yang lebih tua. Dalam berbicara, orang timur tidak akan melihat mata lawan bicaranya.
3.    Relax
·        Barat
Ketika orang barat bertamu kerumah temannya, sang tuan rumah selalu meminta tamunya untuk berlaku seperti di rumah sendiri.  Artinya tuan rumah mempercayakan sepenuhnya pada tamu untuk melayani diri sendiri sebagaimana dirumahnya sendiri.
·        Timur
Di Negara timur masih menganggap tamu sebagai tamu yang lawak dilayani sebagaimana mestinya.
4.    You and I are close friends
·        Barat
Jika orang barat bertemu dengan orang yang belum dia kenal sebelumya, atau bahkan tidak menyukai seseorang, dia akan tetap bersikap ramah.  Bagi orang barat, bersikap formal dianggap sebagai sikap yang dingin.
·        Timur
Berbeda dengan budaya barat, masyarakat timur bila bertemu dengan orang yang baru dia kenal maka dia akan bersikap formal.
5.    You are interesting
·        Barat
Orang barat akan menggunakan kalimat Tanya atau mengajukan pertanyaan untuk menunjukkan polite fictionnya. Hal ini mengandung maksud bahwa orang tersebut sangat menarik untuk diperhatikan.
·        Timur
Orang timur hanya akan mendengarkan dengan seksama ketika diajak berbicara tanpa bertanya apapun.
6.    What a great idea! You are original
·        Barat
Ketika orang barat membicarakan suatu hal yang baru, lawan bicaranya pasti akan menangapi sebagai ekspresi polite fiction.
·        Timur
Sedangkan orang timur, bilamana seorang berbicara dan lawan bicaranya menanggapi berbagai hal, maka dianggap sebagai suatu kritik.
7.    You and I are individuals.
·        Barat
Polite fiction bagi orang barat adalah memberikan pilihan bagi seorang akan sesuatu hal yang akan ditawarkan kepadanya, disesuaikan dengan selera lawan bicaranya tersebut.
·        Timur
Orang timur jarang memberika pilihan kepada lawan bicaranya, karena selera lawan bicaranya dianggap sama dengannya.
8.    You and I independent
·        Barat
Merupakan hal yang sopan bagi orang barat untuk tidak meminta bantuan orang lain untuk masalah yang dihadapinya.
·        Timur
Orang timur yang biasa menggantungkan pertolongan orang lain untuk menyelesaikan masalahnya.
9.    You and I are very busy
·        Barat
Sesuai pepatah barat yang mengatakan “Time is Money” mereka sangat menghargai waktu.  Mereka selalu disibukkan dengan pekerjaanya.  Bilamana seorang ingin menyela pastilah selalu dengan ekspresi yang menunjukkan bahwa sebenarnya dia tidak ingin mengganggunya.
·        Timur
Dibandingkan orang timur yang kurang bisa menghargai waktu, dan masih banyak diantara yang belum bisa memanfaatkan waktu dengan baik.

Kesimpulan

            Kepribadian adalah keseluruhan cara seorang individu bereaksi dan berinteraksi dengan individu lain. Selain itu beberapa aspek kepribadian juga turut andil seperti bentuk tubuh, kesehatan dan nilai-nilai. Namun dalam kehidupan sehari-hari tak semua bentuk kepribadian itu sama, ada yang kepribadian sehat dan tidak sehat.

Salah satu elemen pendukung terciptanya pergaulan yang sehat adalah pemahaman akan tatakrama (etiket) yang dapat diterima secara universal. Etiket menuntun kita agar selalu peduli kepada orang lain, tidak mementingkan diri sendiri, rendah hati dan mau mengikuti cara hidup masyarakat.




DAFTAR PUSTAKA
Pengertian Kebudayaan, Unsur, Sifat, & Arti Menurut Para Ahli” http://www.artikelsiana.com/2015/02/pengertian-kebudayaan-definisi-para-ahli.html [Online.]
“Kepribadian bangsa timur” https://yayanpradhigda.wordpress.com/2014/06/26/kepribadian-bangsa-timur/            [Online.]

“Kepribadian Bangsa Timur” https://hakkajiten.wordpress.com/index/ilmu-budaya-dasar/kepribadian-bangsa-timur/  [Online.]


Kepribadian, Etiket Pergaulan dan Etiket Timur dan Barat “ http://www.academia.edu/9740045/Kepribadian_Etiket_Pergaulan_dan_Etiket_Timur_dan_Barat [Online.]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makasih sudah Berkunjung, Jangan Lupa Tinggalkan komentar Ya Salam Kenal~

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...