Rabu, 27 Juni 2018

Macam-Macam Game Engine, Efek dalam game dan Artificial Intelligence dalam Game


MACAM-MACAM GAME ENGINE

1.    Unreal engine

Unreal Engine merupakan game engine yang dikembangkan oleh Epic Games, dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1998 dengan game bergenre first-person shooter. Walaupun utamanya dikembangkan untuk game first-person shooters, tapi Unreal Engine juga bagus digunakan untuk membuat game bergenre yang lain. Unreal Engine menggunakan bahasa pemrograman C++, dan Unreal Engine merupakan alat yang digunakan oleh banyak pengembang game pada saat ini.
Unreal Engine dikembangkan oleh Epic Games, yang mempunyai fitur tingkat tinggi dan sering digunakan bagi para developer game saat ini, UE3 pernah dirilis dan dirancang untuk Microsoft DirectX 9 (untuk Windows dan Xbox 360), DirectX 9 untuk Windows Vista, DirectX 11 untuk windows 7 dan OpenGL untuk OS X, Linux, PS3, Wii U, iOS, Android dan HTML 5 / Java Script tahap 3D untuk adobe flash player 11.

Versi dan Fitur
§  Unreal Engine 1 dimulai debutnya pada tahun 1998, mempunyai teknik render terpadu, kecerdasan buatan, visibilitas jaringan, dan manajemen system file kedalam engine yang lengkap. UI1 memberikan jalur render hardware – accelerated menggunakan Glide API, dan diperbarui untuk OpenGL dan Direct 3D.
§  Unreal Engine 2 dimulai pada debut tahun 2002, game engine tersebut diperbarui dengan meningkatkan asset serta menambahkan dukungan untuk Game Cube dan Xbox, dan ingin bisa juga dipakai untuk console Wii, X360, PS3,PSP dan 3DS. Pada UE2.5 merupakan perbaharuan dari UE2, mempunyai tingkatan rendering, dan motor physics dan dipakai untuk Unreal Championship pada platform Xbox asli. Pada tanggal 24 maret 2011, Ubisoft Montreal mengungkapkan bahwa UE2 berhasil berjalan pada Nintendo 3DS.
§  Unreal Engine 3 dirancang untuk DirectX versi 9-11 untuk Windows dan Xbox 360 yang dilengkapi dengan system OpenGL termasuk PS3, OS X, iOS, Android, tahap 3D untuk Adobe Flash Player 11, javasript / WebGL, PSVita dan Wii. Proses render didukung banyak teknik tinggi seperti HDDR, per-pixel lighting dan dynamic shadows
§  Unreal Engine 4 mempunyai fitur utama yaitu ilminasi global real-time menggunakan voxel kerucut tracing, menghilangkan kebutuhan untuk perhitungan tiap penerangan. UE4 juga dilengkapi fitur pengembang baru untuk mengurangi waktu iterasi dan memungkinkan memperbarui langsung C++ kode. Fitur baru debugger untuk “kismet” (mesin scripting visual pada UE3) memungkinkan developer dapat memvisualisasikan kode saat pengujian. Developer juga dapat melihat sourcecode dan mengeditnya dalam Visual Studio.
Kelebihan :
§  Menggunkan Blueprint, sebuah visual script editor. Yaitu sebuah fitur yang dikembangkan oleh Unreal engine untuk membuat game tanpa harus menuliskan kode pemrograman apapun.
§  Unreal Engine 4 memperlihatkan secara penuh UI (user interface) yang mudah untuk dimengerti jadi tidak akan lama untuk menguasainya.
§  Unreal Engine dapat memberikan grafik yang sangat sangat bagus
§  Unreal Engine 4 sudah dapat digunakan secara gratiss.
Kekurangan :
§  Engine game ini membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi. Processor yang digunakan minimal adalah Quad Core Intel atau AMD dengan kecepatan 2.5 GHz, kartu grafis NVIDIA GeForce 470 GTX atau AMD Radeon 6870 HD, dan 8GB RAM. Sistem operasi yang digunakan adalah Windows 7 64-bit atau Mac OS X 10.9.2.

2.    Unity
Unity merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Unity itu bagus dan penuh perpaduan dengan aplikasi yang profesional. Editor pada Unity dibuat degan user interface yang sederhana. Editor ini dibuat setelah ribuan jam yang mana telah dihabiskan untuk membuatnya menjadi nomor satu dalam urutan rankking teratas untuk editor game. Grafis pada unity dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan directX. Unity mendukung semua format file, terutamanya format umum seperti semua format dari art applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat beroperasi pada Mac OS x dan windows dan dapat menghasilkan game untuk Mac, Windows, Wii, iPhone, iPad dan Android.

Unity secara rinci dapat digunakan untuk membuat video game 3D, real time animasi 3D dan visualisasi arsitektur dan isi serupa yang interaktif lainnya. Editor Unity dapat menggunakan plugin untuk web player dan menghasilkan game browser yang didukung oleh Windows dan Mac. Plugin web player dapat juga dipakai untuk widgets Mac. Unity juga akan mendukung console terbaru seperti PlayStation 3 dan Xbox 360. Pada tahun 2010, telah memperoleh Technology Innovation Award yang diberikan oleh Wall Street Journal dan tahun 2009, Unity Technology menjadi 5 perusahaan game terbesar. Tahun 2006, menjadi juara dua pada Apple Design Awards.

Server aset dari Unity dapat digunakan semua scripts dan aset game sebagai solusi dari versi kontrol dan dapat mendukung proyek yang terdiri atas banyak gigabytes dan ribuan dari file multi-megabyte. Editor Unity dapat menyimpan metadata dan versi mereka, itu dapat berjalan , pembaharuan dan didalam perbandingan versi grafis. Editor Unity dapat diperbaharui dengan sesegera mungkin seperti file yang telah dimodifikasi. Server aset Unity juga cocok pada Mac, Windows dan Linux dan juga berjalan pada PostgreSQL, database server opensource.
Perizinan atau license dari Unity ada dua bentuk. Ada Unity dan Unity Pro. Versi Unity tersedia dalam bentuk gratis, sedang versi Unity Pro hanya dapat dibeli. Versi Unity Pro ada dengan fitur bawaan seperti efek post processing dan render efek texture. Versi Unity merupakan yang gratis memperlihatkan aliran untuk game web dan layar splash untuk game yang berdiri sendiri. Unity dan Unity Pro menyediakan tutorial, isi, contoh project, wiki, dukungan melalui forum dan perbaruan kedepannya. Unity digunakan pada iPhone, iPod dan iPad operating system yang mana iOS ada sebagai add-ons pada Unity editor yang telah ada lisensinya, dengan cara yang sama juga pada Android.

FITUR UNITY
  • Rendering
Graphics engine yang digunakan adalah Direct3D (Windows, Xbox 360), OpenGL (Mac, Windows, Linux, PS3), OpenGL ES (Android, iOS), dan proprietary APIs (Wii). Ada pula kemampuan untuk bump mapping, reflection mapping, parallax mapping, screen space ambient occlusion (SSAO), dynamic shadows using shadow maps, render-to-texture and full-screen post-processing effects.[4]
Unity dapat mengambil format desain dari 3ds Max, Maya, Softimage, Blender, modo, ZBrush, Cinema 4D, Cheetah3D, Adobe Photoshop, Adobe Fireworks and Allegorithmic Substance. Asset tersebut dapat ditambahkan ke game project dan diatur melalui graphical user interface Unity.
ShaderLab adalah bahasa yang digunakan untuk shaders, dimana mampu memberikan deklaratif “programming” dari fixed-function pipeline dan program shader ditulis dalam GLSL atau Cg. Sebuah shader dapat menyertakan banyak varian dan sebuah spesifikasi fallback declarative, dimana membuat Unity dapat mendeteksi berbagai macam video card terbaik saat ini, dan jika tidak ada yang kompatibel, maka akan dilempar menggunakan shader alternatif yang mungkin dapat menurunkan fitur dan performa.
Pada 3 Agustus 2013, seiring dengan diluncurkannya versi 4.2, Unity mengijinkan developer indie mengunakan Realtime shadows hanya untuk Directional lights, dan juga menambahkan kemampuan dari DirectX11 yang memberikan shadows dengan resolusi pixel yang lebih sempurna, textur untuk membuat objek 3d dari grayscale dengan lebih grafik facial, animasi yang lebih halus dan mempercepat FPS.
  • Scripting
Script game engine dibuat dengan Mono 2.6, sebuah implementasi open-source dari .NET Framework. Programmer dapat menggunakan UnityScript (bahasa terkustomisasi yang terinspirasi dari sintax ECMAScript, dalam bentuk JavaScript), C#, atau Boo (terinspirasi dari sintax bahasa pemrograman phyton). Dimulai dengan dirilisnya versi 3.0, Unity menyertakan versi MonoDevelop yang terkustomisasi untuk debug script.

  • Asset Tracking
Unity juga menyertakan Server Unity Asset – sebuah solusi terkontrol untuk defeloper game asset dan script. Server tersebut menggunakan PostgreSQL sebagai backend, sistem audio dibuat menggunakan FMOD library (dengan kemampuan untuk memutar Ogg Vorbis compressed audio), video playback menggunakan Theora codec, engine daratan dan vegetasi (dimana mensuport tree billboarding, Occlusion Culling dengan Umbra), built-in lightmapping dan global illumination dengan Beast, multiplayer networking menggunakan RakNet, dan navigasi mesh pencari jalur built-in.

  • Platforms
Unity support pengembangan ke berbagai plaform. Didalam project, developer memiliki kontrol untuk mengirim keperangkat mobile, web browser, desktop, and console. Unity juga mengijinkan spesifikasi kompresi textur dan pengaturan resolusi di setiap platform yang didukung.
Saat ini platform yang didukung adalah BlackBerry 10, Windows 8, Windows Phone 8, Windows, Mac, Linux, Android, iOS, Unity Web Player, Adobe Flash, PlayStation 3, Xbox 360, Wii U and Wii. Meskipun tidak semua terkonfirmasi secara resmi, Unity juga mendukung PlayStation Vita yang dapat dilihat pada game Escape Plan dan Oddworld: New ‘n’ Tasty.
Rencana platform berikutnya adalah PlayStation 4 dan Xbox One. Dan juga rumor untuk kedepanya mengatakan HTML akan menjadi platformnya, dan plug-in Adobe baru dimana akan disubtitusikan ke Flash Player, juga akan menjadi platform berikutnya.

  • Asset Store
Diluncurkan November 2010, Unity Asset Store adalah sebuah resource yang hadir di Unity editor. Asset store terdiri dari koleksi lebih dari 4,400 asset packages, beserta 3D models, textures dan materials, sistem particle, musik dan efek suara, tutorial dan project, scripting package, editor extensions dan servis online.

  • Physics
Unity juga memiliki suport built-in untuk PhysX physics engine (sejak Unity 3.0) dari Nvidia (sebelumnya Ageia) dengan penambahan kemampuan untuk simulasi real-time cloth pada arbitrary dan skinned meshes, thick ray cast, dan collision layers.
Bahasa Pemograman Unity
Bahasa pemrograman yang dapat diterima UNITY adalah JAVA SCRIPT, CS SCRIPT (C#) & BOO SCRIPT. Unity Menggunakan Sistem navigasi bebas dalam merangkai sebuah game. Hal ini tentunya memudahkan developer untuk melihat sisi-sisi ruang 3 Dimensi dalam game guna melihat celah-celah yang masih ada. Sistem navigasi di Unity mirip pada Editor 3D Modelling yang ada pada Blender 3d.

Kelebihan :
  • Gratis
  • Multiplatform
  • Mempercepat desain level/layout di game dengan adanya editor WYSIWYG
Kekurangan :
  • Memori yang digunakan besar
  • Butuh penyesuaian yang agak kompleks pada saat mau develop game 2d tanpa bantuan plugin
  • Perlu penyesuaian mengikuti gaya component based

3.    Corona

Corona ini adalah software untuk membuat aplikasi Android khususnya untuk game development. Walau sebenarnya lebih tepat untuk animasi. Tapi untuk game, corona termasuk yang populer dan top. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa lua. Memang bahasanya sedikit berbeda. Tapi mungkin tidak terlalu sulit bagi yang sudah terbiasa menggunakan bahasa pemrograman. Ada beberapa penyesuaian.

Penggunaan table, typedata, looping, display object berbeda. Karena banyak digunakan dalam game development, tentu saja punya daya tarik sendiri dalam operasi imagenya yang membutuhkan kualitas visual lebih. Transition yang smooth, dari menjadi tidak ada. Transition dari ada menjadi tidak ada maka di transisi dulu sebelum diremove. Action perubahan posisi dari suatu event. Angry bird, Slash Fruits adalah beberpa yang populer. Aplikasi ini cepat dan mudah alat pengembangan untuk iPhone, iPad dan Android permainan dan aplikasi.

Apps Corona sangat bertenaga dijalankan pada 30 fps dalam sesedikit 300k, dan grafis dan mesin animasi sepenuhnya memanfaatkan OpenGL akselerasi hardware. Corona SDK adalah yang pertama dalam keluarga Corona Ansca tentang produk untuk membuat multimedia kinerja tinggi aplikasi yang kaya grafis dan game untuk iPhone. Dengan Corona, Anda dapat dengan cepat membuat aplikasi iPhone dalam hitungan jam. Tidak Objective-C/Cocoa diperlukan, dan tidak ada C + +. "

Ansca adalah perusahaan di balik Corona, dan SDK ini memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi cross-platform yang cepat dan kuat yang memiliki akses ke API kerangka kerja lainnya tidak, seperti kamera, GPS dan Accelerometer.

Perangkat pendukung:

Keuntungan terbesar dari Corona adalah bahwa hal itu memungkinkan Anda untuk bekerja dengan satu basis kode dan menghasilkan produk untuk banyak perangkat yang berbeda. Secara khusus, Corona SDK akan memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi untuk semua perangkat iOS dan perangkat Android.
Corona menggunakan bahasa pemrograman Lua untuk membuat aplikasi. Lua adalah bahasa scriptitng umum digunakan untuk mengembangkan game. Ini memiliki jumlah yang baik adopsi pasar dalam pengembangan masyarakat. Sintaks lua dapat dibandingkan dengan bahasa seperti JavaScript atau ActionScript 3, yang membuatnya mudah untuk belajar.

Corona sangat kuat dan mudah untuk belajar, dan fakta-fakta ini membuat cara terbaik untuk memulai atau melanjutkan pengembangan perangkat lunak Anda tidak peduli platform apa yang Anda sedang membangun untuk.

Pada saat ini, Corona tidak datang dengan editor Lua eksklusif, tetapi ada beberapa editor besar sudah tersedia yang dapat Anda gunakan:

Gratis:
·         Eclipse , menggunakan Eclipse Plugin Lua.
·         LuaEdit , LuaEdit adalah IDE / Debugger / Script Editor dirancang untuk versi 5.1 dari Lua.
·         NotePad + + , editor kode sumber bebas yang mendukung beberapa bahasa pemrograman, termasuk Lua.
·         TextWrangler , editor handal tujuan umum teks dan Unix dan alat Server administrator.

Komersial:
·         Textmate , Tersedia untuk Mac OS X saja.
·         BBedit , HTML profesional terkemuka dan editor teks untuk Macintosh.
·         Decoda , lingkungan pengembangan profesional untuk debugging skrip Lua dalam aplikasi anda.
Keuntungan :
·         Seperti disebutkan sebelumnya, Corona SDK menawarkan banyak fitur yang membuat cara yang sangat handal untuk membuat aplikasi. Beberapa fitur tersebut adalah:
·         Pengembangan Aplikasi asli: binari executable Corona adalah 100% Objective-C / C + +, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang iOS 4 aturan baru Apple pada penggunaan di luar alat-alat pembangunan. Bahkan, Corona perlu Xcode untuk mengkompilasi.
·         Otomatis OpenGL-ES Integrasi: Tidak perlu memanggil kelas yang luas atau fungsi untuk membuat manipulasi layar sederhana.
·         Pengembangan Cross-Platform: Corona dapat membuat aplikasi untuk iOS (iPhone, iPod Touch, iPad) dan perangkat Android.
·         Kinerja: Corona dioptimalkan untuk menggunakan fitur hardware-accelerated, sehingga menghasilkan kinerja yang kuat dalam permainan dan aplikasi.
·         Fitur perangkat: Akses perangkat kontrol asli dan perangkat keras, seperti kamera, accelerometer, gps, dll
·         Mudah Belajar: Corona menggunakan bahasa pemrograman Lua, yang kuat dan mudah untuk belajar.
Kekurangan :

Seperti Ansca tidak secara resmi menjadi bagian dari Apple atau Android, ada beberapa hal yang mungkin tidak tersedia dalam rilis terbaru dari SDK asli. Namun, orang yang merawat Corona terus menambahkan fitur baru yang telah tersedia. Ini adalah masalah bagi semua kerangka cross-platform.
·         Beberapa contoh fitur belum didukung di Corona meliputi:
·         iAds
·         Lagu / Playlist Access
·         Perpustakaan Photo Access
·         MapKit
·         Kustom Dukungan Font
·         Dorong Pemberitahuan




4.   Game Maker:studio
Game Maker adalah sebuah game engine yang bisa membantu anda membuat sebuah game komputer tanpa menggunakan codingan yang banyak dengan bahasa programan. Dengan game maker anda dapat membuat game 2D, 3D atau multiplayer, dan anda juga mempunyai hak penuh terhadap game yang anda buat.
Game maker (yang biasa disingkat GM) adalah IDE Windows dan MAC, yang dikembangkan oleh Mark Overmars menggunakan bahasa pemrograma Delphi. Sekarang ini dikembangkan dan di publikasikan oleh YoYo Games, sebuah perusahaan perangkat lunak dimana Overmars terlibat didalamnya. Game maker mengizinkan pengguna untuk membuat video games tanpa perlu mengetahui pengetahuan tentang bahasa pemrograman. Rilisan terbaru dari Windows adalah GameMaker:Studio As pada Mei 2012 dan versi 7-nya di Mac OS X mulai 11 Agustus 2010. Game Maker Studio dirilis pada 22 Mei 2012, dengan Game Maker Standard terbaru rilis menjadi GameMaker 8.1. Sejak awal rilis pada 1999, Game Maker mendapat banyak fitur, mensupport 3D, support di banyak platform, serta basis user yang signifikan, dengan YoYo Games memberikan hosting gratis untuk pengguna pembuat game.
Fitur Game Maker
§  User Interface & Script IDE
Interface Game maker sangat mudah digunakan karena resource dan ektensi serta game seting sudah di kelompokan menurut hirarki. Untuk Script editor Game maker sangat powerfull dengan beberapa fungsi yang sangat membantu seperti : Highlight / Color Coding. Find and Replace, Auto Completition, Eror Script Checker .
§  Particle & Physic
Game maker memiliki Fungsi Built-in effect dan physic sehingga game yang akan di buat akan lebih terlihat nyata.
§  Multi Platform Module
Game maker dapat  menargetkan export game kita ke bagian platform sesuai modul yang dimiliki
Module Game Maker:Studio
§  Console yaitu PlayStation 4, PlayStation vita, PlayStation 3, Xbox One
§  Moblie yaitu Andoid, IOS, Windows Phone dan Tizen
§  OS yaitu Windows, Linux, MacOS
§  HTML5 untuk pembuatan Web Based Game pada halaman web.
§  Extension & External Library
Game Maker  juga mensupport Extension dan dynamic link libraly yang di buat dengan bahas apemograman seperti Delphi atau C untuk penambahan fungsi .
§  Shader
Shader merupkan program yang berjalan pada kartu grafis untuk mengolah pengeluaran visual pada game, dengan adanya Shader game kita akan lebih bagus karena adanya efek tersebut.
§  Yoyo Compiler
Yoyo compiler atau bisa di singkat YYC digunakan untuk meningkatkan peforma game . YYS dapat manjadikan game yang berjalan 100 kali lebih cepat dengan memanfaatkan kecepatan maksimum CPU.
Bahasa Pemograman GameMaker
GML adalah bahasa scripting utama yang ditafsirkan mirip dengan Java kompilasi Just-In-Time yang digunakan dalam GameMaker. Hal ini memungkinkan pengguna untuk lebih meningkatkan dan mengendalikan desain permainan mereka melalui pemrograman konvensional, yang bertentangan dengan sistem drag-and-drop. Sintaks dari GML meminjam aspek dari bahasa lain seperti C, C + + dan Java, efektif memanfaatkan pemrograman berorientasi objek.
Libraries GameMaker
Dalam Game Maker, serangkaian tindakan drag-and-drop disebut Libraries. Dalam Game Maker interface, libraries ini ditampilkan sebagai tab yang berisi ikon yang disebut Actions. Setiap Action adalah script GML atau fungsi yang pengguna dapat digunakan dalam permainan mereka. Game Maker dilengkapi dengan set standar perpustakaan yang berisi tindakan yang umum digunakan oleh kebanyakan game, melainkan juga memungkinkan untuk membuat libraries menggunakan Library Builder disediakan secara terpisah dari Game Maker. Ada banyak libraries bahwa pengguna Game Maker dapat men-download untuk menghindari menggunakan GML untuk mencapai tugas-tugas tertentu. Misalnya, jika user ingin membuat game 3D yang sederhana tetapi tidak memiliki pengalaman dengan GML, mereka dapat men-download 3D Libraries.
Kemampuan Grafik
GameMaker terutama berjalan game yang menggunakan grafis 2D. Kemampuan grafis GameMaker ini mengalami perbaikan yang signifikan dengan setiap versi rilis utama, memungkinkan untuk fungsionalitas tambahan termasuk penyesuaian alpha lebih efisien dan pengaturan pencampuran untuk sprite dan bentuk lainnya. Dengan versi 6.0 (Windows), Game Maker dimasukkan DirectX, yang memungkinkan fungsi-fungsi grafis yang lebih canggih. Versi 7.0 (Mac OS X) menggunakan OpenGL untuk membuat sprites.
Dimulai dengan versi 6.0 (Windows), Game Maker menambahkan Direct3D, yang memungkinkan penggunaan grafis 3D yang terbatas. Untuk versi 7.0 (Macintosh) dan atas, OpenGL digunakan untuk grafis 3D dan juga memungkinkan dukungan terbatas untuk model 3D yang sederhana. Converter digunakan untuk membuatnya mungkin untuk menggunakan format 3D yang lebih populer seperti .3 ds, dan .obj untuk digunakan dalam proyek 3D. Paket ekstensi seperti Ogre digunakan untuk memperluas fungsi dasar Game Maker ini. Hal ini juga mendukung kemampuan untuk membuat efek partikel seperti hujan, salju dan awan, namun tidak native dalam 3D kecuali melalui penggunaan Dynamic Link Library. Dukungan untuk mengedit 32-bit .png file ditambahkan dalam versi 8.0 dari perangkat lunak yang juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan gambar dengan alpha channel.
Kelebihan Pada GameMaker
§  Mudah digunakan karena adanya fasilitas Drag and Drop.
§  Tidak terlalu perlu menggunakan Bahasa Pemrograman.
§  Lengkap dengan program pendukung.
§  Dapat membuat jenis game apa saja.
Kekurangan :Game Maker versi Lite
§  Hanya sebagian tool saja yang bisa dipakai
§  Penambahan instuksi save dan load game tidak dapat digunakan pada versi ini
§  Terdapat logo game maker saat me-running game yang mau dijalankan.

EFEK DALAM GAME

1.    Efek PhysX
PhysX mengolah berbagai detail dalam visual game yang berhubungan dengan hukum fisika dalam kehidupan nyata. Misalnya bendera yang berkibar oleh angin, pecahan kaca akibat ledakan, benda jatuh/terguling (ragdoll), dan lain-lain. Teknologi ini dibuat oleh NVIDIA. Untuk GPU non-NVIDIA, prosesnya dilakukan oleh CPU. Namun PhysX sangat memakan performa, bahkan pada GPU NVIDIA sudah yang mendukungnya.

2.    Ambient Occlusion(AO)
AO mengatur bagaimana cahaya memantul pada berbagai bagian permukaan sebuah obyek.
Salah satu AO yang sering digunakan adalah SSAO (Screen Space Ambient Occlusion) yang dibuat oleh Crytek. Jenis AO lainnya seperti HBAO (Horizon-based Ambient Occlusion) dan HBAO+ dapat menghasilkan efek yang lebih baik dan memerlukan kartu grafis yang mendukung DirectX 10 atau DirectX 11. Salah satu game yang pertama kali mengadopsi HBAO adalah Splinter Cell: Blacklist.

3.    Supersampling
Secara sederhana, fitur ini digunakan untuk melenyapkan aliasing dengan menggunakan tekstur transparan. Hanya saja prosesnya cukup intensif sehingga akan terasa mengurangi performa GPU secara signifikan. Karena kebanyakan jenis dan tingkat AA dapat melenyapkan aliasing dengan baik, jarang ada alasan mengaktifkan fitur ini.

4.    Depth of Field (DoF)
Efek ini mengatur intensitas kekaburan (blur) obyek yang tidak sedang dalam fokus. DoF juga sering dijumpai pada citra fotografi. Contoh fitur DoF dapat diamati pada game Watch Dogs dan Fallout 4. Perhatikan bahwa latar belakang pada gambar di bawah agak sedikit kabur.

5.    Tessellation
Efek tessellation menyebabkan permukaan yang rata menjadi terlihat mendetail, lengkap dengan perbedaan kedalaman tekstur. Efek ini membutuhkan GPU yang mendukung DirectX 11.

6.    Anisotropic Filtering (AF)
Efek ini membuat tekstur obyek yang letaknya jauh terlihat jelas dan tajam.



AI DI DALAM GAME
Artificial Intelligence atau AI dalam bahasa Indonesia artinya Kecerdasan Buatan yaitu kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas ilmiah. Kecerdasan dibuat dan dimasukkan ke dalam suatu mesin/ komputer supaya bisa melakukan pekerjaan seperti yang bisa dikerjakan oleh manusia. Contohnya adalah kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, perencanaan dan penjadwalan, pengendalian, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah di kehidupan yang nyata. Terdapat macam-macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan diantaranya yaitu: game komputer, sistem pakar, jaringan syaraf tiruan, logika fuzzy dan robotika.

Kelebihan Artificial Intelligence:
• Artificial Intelligence bersifat konsisten dan teliti .
• Artificial Intelligence lebih bersifat permanent.
• Artificial Intelligence dapat lebih murah daripada kecerdasan alami.
• Artificial Intelligence menawarkan kemudahan untuk digandakan atau disebarkan.
• Artificial Intelligence dapat didokumentasi.

Contoh Penerapan Artificial Intelligence:
• SYSTRAN.
perangkat lunak untuk penerjemahan bahasa.
• Delco Electronics.
Mobil yang dapat mengemudikan sendiri yang menggunakan pendeteksi tepi untuk tetap bertahan di jalan.
• Deep Blue.
program catur 1997 yang mengalahkan Garry Kasparov pecatur dunia .
• Volkswagen AG.
Sistem pengemudi kendaraan otomatis yang diciptakan oleh Jerman.



SOURCE:











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makasih sudah Berkunjung, Jangan Lupa Tinggalkan komentar Ya Salam Kenal~

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...