Senin, 29 Oktober 2018

Peluang Bisnis TIK Di Indonesia


Nama : Pahmi Deri Sutrisno 
Npm   : 55415292 
Kelas  : 4IA11


Pada bahasan kali ini. Saya akan membahas mengenai peluang bisnis TIK di indonesia menurut pandangan saya, juga untuk melengkapi tugas saya pada matakuliah Pengantar Bisnis Informatika. Baik, langsung saja pada topik bahasannya.



Di era globalisasi ini peranan teknologi sudah mulai melekat dengan kehidupan manusia saat ini. Bisa dikatakan di era sekarang semua orang sudah bergantung dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Bahkan anggapan bahwa kita tidak bisa hidup tanpa teknologi itu memang benar. contohnya saja dalam kehidupan kita tidak bisa jauh dari penggunaan Hp atau sekarang di sebut dengan smartphone, asupan makanan kita pun sekarang bukan saja hanya nasi, tetapi juga kita selalu mengkonsumsi apa saja yang ada di internet setiap harinya.


 Dari semua hal itu juga ada manfaatnya bagi peluang bisnis di era sekarang. Pada dunia bisnis, peranan TIK tidak bisa di anggap spele. Diindonesia saat ini banyak sekali perusahaan-perusahaan yang merubah pola pikirnya dalam berbisnis yang  sebelumnya dilakukan secara manual sekarang menjadi praktis dan efisien berkat kemajuan TIK saat ini, contohnya saja dalam berbelanja sekarang sudah dapat di lakukan hanya dengan menggunakan handphone, untuk berpergian pun kita cukup mudah dengan memesan jasa transportasi dengan menggunakan handphone.

*Lalu peluang bisnis TIK apa saja yang ada di indonesia ?

Saat ini diindonesia banyak sekali pelaku bisnis yang sudah mulai merambat pada bidang TIK untuk memperlancar bsinisnya, namun terdapat 3 sektor bisnis TIK yang sedang mengalami pertumbuhan pesat diindonesia, yaitu on-demand services, financial technology( Fintech) dan e-commerce.

Pada sektor On-demand services, ada Gojek yang menjadi populer diindonesia dalam memberikan layanan ojek berbasis aplikasi. bukan saja layanan ojek yang diberikan, bahkan hampir seluruh fitur layanan yang di sediakan dalam aplikasi gojek di lalukan sesuai permintaan / On-demand, mulai dari pemesanan makanan, pembelian tiket bioskop, pengiriman barang, bahkan hal-hal yang tidak pernah kita pikirkan seperti jasa membersihkan rumah, pemijatan, dan mencuci kendaraan seperti mobil dan motor. Dampak yang ditimbulkan oleh Gojek pun sangat positif bagi kita, tidak hanya layanannya saja, Gojek juga memberikan lapangan kerja baru yang menjanjikan dengan waktu kerja yang fleksibel.

Selanjutnya pada sektor Financial technology(fintech), Di indonesia fintech juga mulai berkembang pesat, dikutip dari halaman DailySocial.id bahwa dalam dua tahun terakhir pertumbuhan fintech mencapai 78%, dan sebagian besar di sektor pembayaran. Manfaat adanya fintech diindonesia ini, kita dapat melakukan pembayaran menggunakan pulsa handphone ataupun melalui minimarket secara mudah, dengan adanya fintech ini tidak harus selalu melakukan pembayaran melalui transfer bank.

Dan pada sektor E-Commerce juga mengalami pertumbuhan signifikan di Indonesia.  Kita semua tau bahwa sebagian besar masyarakat sekarang sudah mulai berbelanja secara online. Menurut data Google & Temasek pada 2017, pembelian produk via e-Commerce di Indonesia mencapai US$ 10,9 miliar atau sekitar Rp 146,7 triliun, meroket 41 persen dari angka US$ 5,5 miliar atau sekitar Rp 74 triliun pada 2015 dan di prediksi akan terus meningkat. Hal ini pula yang membuat para pelaku bisnis offline mengalami penurunan drastis dalam pembeliannya, namun tidak sedikit para pelaku bisnis offline mulai membuat bisnisnya melalui internet atau yang biasa kita sebut toko online.

kesimpulan yang dapat saya ambil adalah peluang TIK yang ada pada era sekarang sudah mencakup segala bidang kehidupan, termasuk dunia bisnis. Dengan adanya TIK semuanya terasa lebih mudah, semua orang dapat saling mudah terhubung dan dapat menciptakan ekosistem usahanya sendiri.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makasih sudah Berkunjung, Jangan Lupa Tinggalkan komentar Ya Salam Kenal~

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...