Minggu, 06 Januari 2019

Tugas Proposal: Aplikasi Penyewaan Lapangan Lura Futsal Berbasis Android



PROPOSAL

Aplikasi Penyewaan Lapangan Lura Futsal Berbasis Android




Anggota Kelompok:

Alfian Niranda                        (50415510)
Dzaky Trisna Junaidi              (52415099)
Pahmi Deri Sutrisno                (55415292)
 







BAB I
PROFIL PERUSAHAAN

A.    Deskripsi Umum Perusahaan
Dzakky Media Utama adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang IT dengan memfokuskan pada jasa internet yang mencakup pembuatan dan pengembangan Aplikasi berbaris android dan web.
     Dzakky Media Utama didirikan pada Tahun 2015. Perusahaan ini telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan dan telah menyelesaikan 200+ proyek dalam pembuatan aplikasi android maupun web.

B.     Struktur Organisasi Perusahaan
Struktur Organisasi
Dzakky Media Utama

Pemimpin Perusahaan   :  Dzakky Trisna Junaidi
Project Manager            :  Alfian niranda
Bendahara                     :  Pahmi Deri Sutisna
Pemasaran                     :  Ghozali Acar
                                         Dinda
Programmer Android    :  Josua K
                                         Beni Kusuma
Programmer Web          :  Milea Adnan
                                         Kalil Rosun



C.     Visi dan Misi

1.      Visi
Kebersamaan dalam perjuangan untuk menghasilkan karya-karya nyata yang profesional, good cooprate, creatif, inofatif dan interaktif yang tiada henti.

2.      Misi
- Menjadikan Dzakky Media Utama sebagai perusahaan IT yang profesional dan acountable bagi masyarakat indonesia
- Menjadikan Dzakky Media Utama sebagai mitra masyarakat dunia.
- Menjadikan Dzakky Media Utama sebagai pusat teknologi bagi masyarakat Indonesia



BAB II
PRODUK DAN JASA YANG DI TAWARKAN

I.       Gambaran Umum
            Latar Belakang
Futsal kini menjadi olahraga yang banyak digemari selain olahraga sepakbola. Olahraga futsal sangat digemari oleh masyarakat luas karena olahraga ini sangat unik dan berbeda. Dari pemain yang hanya 5 orang beserta kiper, bola yang berukuran lebih kecil dari pada sepakbola, hingga lapangan dan peraturan yang sedemikian rupa yang membuat kedua olahraga tersebut menjadi berbeda. Saat ini banyak berdiri penyewaan lapangan futsal dimana – mana. Di karenakan sudah banyak lapangan sepakbola yang sudah mulai tergusur oleh gedung-gedung mewah. Maka dari itu dibuat lah lapangan futsal untuk menggantikan olahraga sepakbola tersebut. Tentu saja dengan fasilitas dan harga sewa yang berbeda pula. Biasanya masyarakat yang akan menyewa melihat dari fasilitas, jenis lapangan, dan harga sewa untuk memilih lapangan futsal.
Proses bisnis di tempat sewa lapangan futsal pada umumnya masih mengharuskan pelanggan untuk datang dalam melakukan penyewaan dan mengatur jadwal penyewaan yang diinginkan. Sehingga pelanggan tidak mengetahui jadwal yang masih kosong secara langsung. Setiap hari petugas melakukan pencatatan penyewaan dari pelanggan ke buku pesanan. Pada hari penyewaan, pelanggan melakukan pembayaran penyewaan. Hal ini juga dapat menimbulkan kesalahan dalam pencatatan.
Oleh karena itu, untuk membantu petugas dan pelanggan atau untuk menyelesaikan permasalahan tersebut maka dibuatlah “Aplikasi Penyewaan Lapangan Lura Futsal Berbasis Android”


Batasan Masalah
            Batasan masalah dalam pembuatan aplikasi ini adalah informasi yang diberikan mengenai ketersediaan lapangan futsal dan booking lapangan futsal secara online. Untuk pembayaran sewa lapangan hanya dilakukan di Lura futsal, sehingga tidak terdapat system pembayaran melalui kartu kredit ataupun transfer rekening melalui online.
Tujuan
Tujuan dari pembuatan projek ini adalah membuat aplikasi pemesanan lapangan futsal LURA berbasis android, agar dapat mempermudah pelanggan dalam melakukan pemesanan lapangan futsal LURA. Selain itu juga dapat melihat waktu atau jam kapan saja yang kosong untuk di sewa.
II.       Istilah Dan Terminologi

·         Futsal
     Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuan Futsal adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Tidak seperti permainan sepakbola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan.
Futsal turut juga dikenali dengan banyak nama lain. Istilah “futsal” adalah isitilah internasionalnya yang berasal dari kata Spanyol dan Portugis yaitu futbol dan sala. Futsal pertama kali dipopulerkan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani, dan permainan ini sekarang dimainkan di bawah perlindungan Federation Internationale de Football Assocation di seluruh dunia, dari Eropa hingga Amerika Tengah dan Amerika Utara serta Afrika, Asia, dan Oseania.

·         Java
Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM).
Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, Java bukan turunan langsung dari bahasa pemrograman manapun. OOP (Object Oriented Programming) adalah cara yang ampuh dalam pengorganisasian dan pengembangan perangkat lunak.

·         Android
Android adalah sistem operasi untuk handphone yang berbasis Linux.
Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi untuk digunakan oleh bermacam perangkat mobile.
Beberapa keunggulan Android dengan platform lain yaitu :
1.      Android menyediakan akses ke fungsi dasar perangkat mobile menggunakan standar panggilan ke Api
2.      Anda dapat menggabungkan informasi dari Internet ke dalam telepon, seperti informasi kontak, atau data pada lokasi geografis untuk mendapatkan kesempatan baru.
3.      Dalam SDK memiliki semua yang anda butuhkan untuk membuat dan menjalankan aplikasi Android, termasuk simulator ini instrumen, dan alat debugging maju.

·         Android Studio
 Android Studio adalah Lingkungan Pengembangan Terpadu - Integrated Development Environment (IDE) untuk pengembangan aplikasi Android, berdasarkan IntelliJ IDEA . Selain merupakan editor kode IntelliJ dan alat pengembang yang berdaya guna, Android Studio menawarkan fitur lebih banyak untuk meningkatkan produktivitas Anda saat membuat aplikasi Android

·         XML
XML (Extensible Markup Language) menggunakan elemen yang ditandai dengan tag pembuka (diawali dengan ‘<’ dan diakhiri dengan ‘>’), tag penutup (diawali dengan ‘<’ diakhiri ‘>’) dan atribut elemen (parameter yang dinyatakan dalam tag pembuka misal <form name=”isidata”>). Hanya bedanya, HTML medefinisikan dari awal tag dan atribut yang dipakai didalamnya, sedangkan pada XML pengguna dapat menggunakan tag dan atribut sesuai yang diinginkan.

III.    Ruang Lingkup

Proyek sistem aplikasi penyewaan lapangan lura futsal yang akan dikembangkan memiliki beberapa ruang lingkup yang harus dikerjakan, yaitu sebagai berikut:
1.      Menganalisis setiap prosedur-prosedur yang berhubungan dengan penyewaan lapangan futsal lura.
2.      Mendesain sebuah sistem yang menunjang kemampuan dari sistem saat ini.
3.      Membuat sebuah program yang mengimplementasikan sistem informasi penyewaan lapangan futsal lura secara online.
4.      Menerapkan serta melakukan percobaan sistem informasi ini sampai dengan penerapan sistem ini dapat memuaskan.


IV.   Keuntungan Pengembangan Sistem

Manfaat yang bisa didapat dari pengembangan sistem ini adalah sebagai berikut:
1.      Meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan Lura Futsal
2.      Memudahkan pelanggan dalam menyewa lapangan Futsal Lura.
3.      Memudahkan dalam promosi mengenai informasi penyewaan lapangan futsal lura.

V.      Waktu Dan rancangan Biaya Rencana Kerja

·         Waktu Rencana Kerja
Untuk mengerjakan sistem ini diperlukan waktu selama kurang lebih 3 bulan atau 12 minggu. Dimana rincian jadwal kerja proses pembuatannya dapat dilihat pada table estimasi kerja berikut : 

Kegiataan dan waktu pelaksanaan
Maret
April
April
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
Analasisis Kebutuhan












Design Fungsi












Pemrograman












Pengujian












Instalasi












Pelatihan












Pemeliharaan












Dokumentasi













·         Rancangan Biaya
Proses pembayaran dilakukan pertama kali dengan DP sebesar 30% dari harga yang sudah dirincikan. Selanjutnya setelah pembayaran DP selesai maka, tim pengembang akan mengerjakan aplikasi untuk Penyewaan Lapangan Futsal Lura berbasis android. Setelah aplikasi selesai dibuat sisa pembayaran harus segera dilunasi kemudian tim pengembang akan langsung melakukan pengistalan aplikasi. 
Adapun rincian biayanya sebagai berikut :
1.      Biaya Persiapan
Tipe Requitment
Spesifikasi
Harga Satuan(Rp)


Software



Android Studio

My SQL Server

Rp. 2.000.000

Rp. 200.000/bulan


Hardware



1 Unit Komputer(PC)

1 Handphone Android

1 Modem

1 Printer


Rp. 10.000.000

Rp. 2.000.000

Rp. 400.000

Rp. 1.000.000



Jumlah


Rp. 15.600.000

2.      Biaya Pengerjaan
NO
Perincian
Biaya(Rp)
1
Analisis Kebutuhan
Rp. 700.000
2
Design Fungsi
Rp. 1.000.000
3
Pemrograman
Rp. 7.000.000
4
Pengujian
Rp. 300.000
5
Instalasi
Rp. 200.000
6
Pelatihan
Rp. 300.000
7
Pemeliharaan
Rp. 500.000
8
Dokumentasi
Rp. 300.000
9
Transportasi
Rp. 200.000
Jumlah
Rp. 10.500.000

3.      Biaya Keseluruhan
Biaya Keseluruhan = Biaya Persiapan + Biaya Pengerjaan
= Rp Rp. 15.600.000 + Rp 10.500.000
= Rp 26.100. 000

VI.   Design Menu pada Aplikasi






 
BAB III
PROSEDUR PENGERJAAN

            Metodologi merupakan elemen yang paling mendasar dari suatu proses bisnis. Berikut ini adalah suatu metodologi untuk merealisasikan proyek Aplikasi Penyewaan Lapangan Lura Futsal Berbasis Android, akan ditempuh dengan langkah-langkah sebagai berikut:

3.1        Analisis Kebutuhan
            Mempelajari proses-proses dan indentifikasi data-data yang dibutuhkan, dalam perancangan suatu aplikasi penjualan berbasis android. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan kemudahan dalam hal ini untuk meningkatkan pelayanan efesiensi dan keputusan.
3.2        Pemrograman
            Melakukan coding untuk merealisasikan desain fungsi yang telah dibuat. Lama Pengerjaan dan Jumlah baris coding ini turut menentukan besar-kecilnya harga Aplikasi yang dibuat.

3.3        Pengujian
            Melakukan beberapa testing dengan uji prilaku (behavior testing), focus terhadap input dan output, dan testing terhadap fungsionalitas sistem.
3.4        Instalasi
            Mengganti dan menempatkan sistem atau menempatkan sistem yang baru terhadap aplikasi yang dibuat, jika hasil dari suatu proses pengujian sudah sesuai dengan fungsinya.
3.5        Pelatihan
            Sebelum aplikasi program dijalankan/ kunjungi oleh user, pihak developer proyek perangkat lunak bertanggung jawab melatih costumer atau pelanggan lapangan futsal lura yang hendak mengoperasikan program aplikasi yang telah dibuat. Pihak pengembang juga berkewajiban memberikan informasi yang benar dan terbuka sehingga tidak menyulitkan para pengguna aplikasi selanjutnya.

3.6        Pemeliharaan
            Proyek perangkat lunak tidak bisa selesai begitu saja setelah diserahterimakan, tetapi masih berlanjut hingga tenggang waktu yang cukup untuk memastikan bahwa produk perangkat lunak yang telah diserahkan tersebut bisa beroperasi dengan baik dan tidak ada kendala yang berarti.

3.7        Dokumentasi
            Dalam sebuah proyek bisa terdiri dari beberapa dokumen. Dokumen dibuat untuk melihat kemajuan proyek yang sedang dikembangkan, sebagai referensi untuk bug bila terjadi kendala, sebagai pedoman operasional dan sebagainya.
Deliverablless Aplikasiakan kami antarkan kepada Pemiliki Lapangan Futsal Lura secara langsung setelah terjadinya pelunasan pembayaran dan waktu penginstalan dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama antara user dengan tim pengembang. Jaminan Purna Jual Jika terjadi kerusakan terhadap aplikasi yang kami buat setelah melakukan proses pembayaran, seperti sistem error atau aplikasi hiang, maka kami akan memberikan garansi perbaikan software selama batas waktu 1 tahun. Apabila dalam 1 tahun tidak ada laporan kerusakan dengan begitu garansi sudah tidak berlaku lagi.


1 komentar:

Makasih sudah Berkunjung, Jangan Lupa Tinggalkan komentar Ya Salam Kenal~

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...