PROPOSAL
Aplikasi Penyewaan Lapangan Lura
Futsal Berbasis Android
Anggota Kelompok:
Alfian Niranda (50415510)
Dzaky
Trisna Junaidi (52415099)
Pahmi Deri Sutrisno (55415292)
|
BAB
I
PROFIL
PERUSAHAAN
A. Deskripsi
Umum Perusahaan
Dzakky
Media Utama adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang IT dengan memfokuskan
pada jasa internet yang mencakup pembuatan dan pengembangan Aplikasi berbaris
android dan web.
Dzakky Media Utama didirikan pada Tahun 2015. Perusahaan ini
telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan dan telah menyelesaikan 200+
proyek dalam pembuatan aplikasi android maupun web.
B. Struktur
Organisasi Perusahaan
Struktur
Organisasi
Dzakky
Media Utama
Pemimpin
Perusahaan : Dzakky Trisna Junaidi
Project
Manager : Alfian niranda
Bendahara : Pahmi Deri Sutisna
Pemasaran : Ghozali Acar
Dinda
Programmer
Android : Josua K
Beni Kusuma
Programmer
Web : Milea Adnan
Kalil Rosun
C.
Visi dan Misi
1. Visi
Kebersamaan
dalam perjuangan untuk menghasilkan karya-karya nyata yang profesional, good
cooprate, creatif, inofatif dan interaktif yang tiada henti.
2. Misi
-
Menjadikan Dzakky Media Utama sebagai perusahaan IT yang profesional dan
acountable bagi masyarakat indonesia
-
Menjadikan Dzakky Media Utama sebagai mitra masyarakat dunia.
-
Menjadikan Dzakky Media Utama sebagai pusat teknologi bagi masyarakat Indonesia
BAB
II
PRODUK
DAN JASA YANG DI TAWARKAN
I.
Gambaran Umum
Latar Belakang
Futsal kini
menjadi olahraga yang banyak digemari selain olahraga sepakbola. Olahraga
futsal sangat digemari oleh masyarakat luas karena olahraga ini sangat unik dan
berbeda. Dari pemain yang hanya 5 orang beserta kiper, bola yang berukuran
lebih kecil dari pada sepakbola, hingga lapangan dan peraturan yang sedemikian
rupa yang membuat kedua olahraga tersebut menjadi berbeda. Saat ini banyak
berdiri penyewaan lapangan futsal dimana – mana. Di karenakan sudah banyak
lapangan sepakbola yang sudah mulai tergusur oleh gedung-gedung mewah. Maka
dari itu dibuat lah lapangan futsal untuk menggantikan olahraga sepakbola
tersebut. Tentu saja dengan fasilitas dan harga sewa yang berbeda pula. Biasanya
masyarakat yang akan menyewa melihat dari fasilitas, jenis lapangan, dan harga
sewa untuk memilih lapangan futsal.
Proses bisnis di
tempat sewa lapangan futsal pada umumnya masih mengharuskan pelanggan untuk
datang dalam melakukan penyewaan dan mengatur jadwal penyewaan yang diinginkan.
Sehingga pelanggan tidak mengetahui jadwal yang masih kosong secara langsung.
Setiap hari petugas melakukan pencatatan penyewaan dari pelanggan ke buku
pesanan. Pada hari penyewaan, pelanggan melakukan pembayaran penyewaan. Hal ini
juga dapat menimbulkan kesalahan dalam pencatatan.
Oleh karena itu, untuk membantu petugas
dan pelanggan atau untuk menyelesaikan permasalahan tersebut maka dibuatlah “Aplikasi Penyewaan Lapangan Lura Futsal
Berbasis Android”
Batasan
Masalah
Batasan
masalah dalam pembuatan aplikasi ini adalah informasi yang diberikan mengenai
ketersediaan lapangan futsal dan
booking lapangan futsal secara online. Untuk pembayaran sewa lapangan hanya
dilakukan di Lura futsal, sehingga tidak terdapat system pembayaran melalui
kartu kredit ataupun transfer rekening melalui online.
Tujuan
Tujuan dari pembuatan projek ini adalah
membuat aplikasi pemesanan lapangan futsal LURA berbasis android, agar dapat
mempermudah pelanggan dalam melakukan pemesanan lapangan futsal LURA. Selain
itu juga dapat melihat waktu atau jam kapan saja yang kosong untuk di sewa.
II. Istilah Dan Terminologi
·
Futsal
Futsal adalah
permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan
lima orang. Tujuan Futsal adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan
memanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga
diizinkan memiliki pemain cadangan. Tidak seperti permainan sepakbola dalam
ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan.
Futsal turut juga
dikenali dengan banyak nama lain. Istilah “futsal” adalah isitilah
internasionalnya yang berasal dari kata Spanyol dan Portugis yaitu futbol dan sala. Futsal pertama kali dipopulerkan di Montevideo, Uruguay pada
tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani, dan permainan ini sekarang dimainkan di
bawah perlindungan Federation
Internationale de Football Assocation di seluruh dunia, dari Eropa hingga
Amerika Tengah dan Amerika Utara serta Afrika, Asia, dan Oseania.
·
Java
Java adalah bahasa
pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai
komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini banyak mengadopsi
sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan
sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras
bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke
dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada
berbagai Mesin Virtual Java (JVM).
Java merupakan
bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose),
dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal
mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu
berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, Java
bukan turunan langsung dari bahasa pemrograman manapun. OOP (Object
Oriented Programming) adalah cara yang ampuh dalam pengorganisasian
dan pengembangan perangkat lunak.
·
Android
Android menyediakan platform terbuka
bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi untuk digunakan oleh bermacam
perangkat mobile.
Beberapa keunggulan Android dengan platform lain
yaitu :
1. Android menyediakan
akses ke fungsi dasar perangkat mobile menggunakan
standar panggilan ke Api
2. Anda dapat
menggabungkan informasi dari Internet ke dalam telepon, seperti informasi
kontak, atau data pada lokasi geografis untuk mendapatkan kesempatan baru.
3.
Dalam SDK memiliki semua yang anda butuhkan untuk
membuat dan menjalankan aplikasi Android, termasuk simulator ini instrumen, dan
alat debugging maju.
·
Android Studio
Android Studio adalah Lingkungan Pengembangan Terpadu
- Integrated Development Environment (IDE) untuk pengembangan aplikasi Android,
berdasarkan IntelliJ IDEA
. Selain merupakan editor kode IntelliJ dan alat
pengembang yang berdaya guna, Android Studio menawarkan fitur lebih banyak
untuk meningkatkan produktivitas Anda saat membuat aplikasi Android
·
XML
XML (Extensible Markup Language) menggunakan
elemen yang ditandai dengan tag pembuka (diawali dengan ‘<’
dan diakhiri dengan ‘>’), tag penutup (diawali dengan
‘<’ diakhiri ‘>’) dan atribut elemen (parameter yang dinyatakan
dalam tag pembuka misal <form name=”isidata”>). Hanya
bedanya, HTML medefinisikan dari awal tag dan atribut yang
dipakai didalamnya, sedangkan pada
XML pengguna dapat menggunakan tag dan atribut
sesuai yang diinginkan.
III. Ruang Lingkup
Proyek sistem aplikasi penyewaan lapangan lura
futsal yang akan dikembangkan memiliki beberapa ruang lingkup yang harus
dikerjakan, yaitu sebagai berikut:
1. Menganalisis setiap
prosedur-prosedur yang berhubungan dengan penyewaan lapangan futsal lura.
2. Mendesain sebuah
sistem yang menunjang kemampuan dari sistem saat ini.
3. Membuat sebuah
program yang mengimplementasikan sistem informasi penyewaan lapangan futsal lura
secara online.
4. Menerapkan serta
melakukan percobaan sistem informasi ini sampai dengan penerapan sistem ini
dapat memuaskan.
IV. Keuntungan Pengembangan Sistem
Manfaat yang bisa didapat dari pengembangan
sistem ini adalah sebagai berikut:
1. Meningkatkan
pelayanan kepada para pelanggan Lura Futsal
2. Memudahkan
pelanggan dalam menyewa lapangan Futsal Lura.
3. Memudahkan dalam
promosi mengenai informasi penyewaan lapangan futsal lura.
V. Waktu Dan rancangan Biaya Rencana Kerja
·
Waktu Rencana Kerja
Untuk mengerjakan sistem ini diperlukan waktu
selama kurang lebih 3 bulan atau 12 minggu. Dimana rincian jadwal kerja proses
pembuatannya dapat dilihat pada table estimasi kerja berikut :
Kegiataan dan waktu pelaksanaan
|
Maret
|
April
|
April
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Analasisis Kebutuhan
|
||||||||||||
Design Fungsi
|
||||||||||||
Pemrograman
|
||||||||||||
Pengujian
|
||||||||||||
Instalasi
|
||||||||||||
Pelatihan
|
||||||||||||
Pemeliharaan
|
||||||||||||
Dokumentasi
|
·
Rancangan Biaya
Proses
pembayaran dilakukan pertama kali dengan DP sebesar 30% dari harga yang sudah
dirincikan. Selanjutnya setelah pembayaran DP selesai maka, tim pengembang akan
mengerjakan aplikasi untuk Penyewaan Lapangan Futsal Lura berbasis android.
Setelah aplikasi selesai dibuat sisa pembayaran harus segera dilunasi kemudian
tim pengembang akan langsung melakukan pengistalan aplikasi.
Adapun rincian
biayanya sebagai berikut :
1.
Biaya Persiapan
Tipe Requitment
|
Spesifikasi
|
Harga Satuan(Rp)
|
Software
|
Android Studio
My SQL Server
|
Rp. 2.000.000
Rp. 200.000/bulan
|
Hardware
|
1 Unit Komputer(PC)
1 Handphone Android
1 Modem
1 Printer
|
Rp. 10.000.000
Rp. 2.000.000
Rp. 400.000
Rp. 1.000.000
|
Jumlah
|
Rp. 15.600.000
|
2.
Biaya Pengerjaan
NO
|
Perincian
|
Biaya(Rp)
|
1
|
Analisis Kebutuhan
|
Rp. 700.000
|
2
|
Design Fungsi
|
Rp. 1.000.000
|
3
|
Pemrograman
|
Rp. 7.000.000
|
4
|
Pengujian
|
Rp. 300.000
|
5
|
Instalasi
|
Rp. 200.000
|
6
|
Pelatihan
|
Rp. 300.000
|
7
|
Pemeliharaan
|
Rp. 500.000
|
8
|
Dokumentasi
|
Rp. 300.000
|
9
|
Transportasi
|
Rp. 200.000
|
Jumlah
|
Rp. 10.500.000
|
3.
Biaya Keseluruhan
Biaya Keseluruhan = Biaya Persiapan + Biaya Pengerjaan
= Rp Rp. 15.600.000 + Rp 10.500.000
= Rp 26.100. 000
= Rp Rp. 15.600.000 + Rp 10.500.000
= Rp 26.100. 000
VI. Design Menu pada Aplikasi
BAB
III
PROSEDUR PENGERJAAN
Metodologi merupakan elemen yang paling mendasar dari
suatu proses bisnis. Berikut ini adalah suatu metodologi untuk merealisasikan
proyek Aplikasi Penyewaan Lapangan Lura Futsal Berbasis Android, akan ditempuh
dengan langkah-langkah sebagai berikut:
3.1 Analisis
Kebutuhan
Mempelajari proses-proses dan
indentifikasi data-data yang dibutuhkan, dalam perancangan suatu aplikasi
penjualan berbasis android. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan kemudahan
dalam hal ini untuk meningkatkan pelayanan efesiensi dan keputusan.
3.2 Pemrograman
Melakukan
coding untuk merealisasikan desain fungsi yang telah dibuat. Lama Pengerjaan
dan Jumlah baris coding ini turut menentukan besar-kecilnya harga Aplikasi yang
dibuat.
3.3 Pengujian
Melakukan
beberapa testing dengan uji prilaku (behavior testing), focus terhadap input
dan output, dan testing terhadap fungsionalitas sistem.
3.4 Instalasi
Mengganti dan menempatkan sistem atau menempatkan sistem
yang baru terhadap aplikasi yang dibuat, jika hasil dari suatu proses pengujian
sudah sesuai dengan fungsinya.
3.5 Pelatihan
Sebelum aplikasi
program dijalankan/ kunjungi oleh user, pihak developer proyek perangkat lunak
bertanggung jawab melatih costumer atau pelanggan lapangan futsal lura yang
hendak mengoperasikan program aplikasi yang telah dibuat. Pihak pengembang juga
berkewajiban memberikan informasi yang benar dan terbuka sehingga tidak
menyulitkan para pengguna aplikasi selanjutnya.
3.6 Pemeliharaan
Proyek perangkat lunak tidak bisa
selesai begitu saja setelah diserahterimakan, tetapi masih berlanjut hingga
tenggang waktu yang cukup untuk memastikan bahwa produk perangkat lunak yang
telah diserahkan tersebut bisa beroperasi dengan baik dan tidak ada kendala
yang berarti.
3.7 Dokumentasi
Dalam sebuah proyek bisa terdiri dari beberapa dokumen. Dokumen
dibuat untuk melihat kemajuan proyek yang sedang dikembangkan, sebagai
referensi untuk bug bila terjadi kendala, sebagai pedoman operasional dan
sebagainya.
Deliverablless
Aplikasiakan kami antarkan kepada Pemiliki Lapangan Futsal Lura secara langsung
setelah terjadinya pelunasan pembayaran dan waktu penginstalan dilakukan
berdasarkan kesepakatan bersama antara user dengan tim pengembang. Jaminan
Purna Jual Jika terjadi kerusakan terhadap aplikasi yang kami buat setelah
melakukan proses pembayaran, seperti sistem error atau aplikasi hiang, maka
kami akan memberikan garansi perbaikan software selama batas waktu 1 tahun.
Apabila dalam 1 tahun tidak ada laporan kerusakan dengan begitu garansi sudah
tidak berlaku lagi.
bagi aplikasi nya kakak
BalasHapus