Senin, 08 April 2019

Teori Komputasi dan Penerapan Komputasi Modern


Nama: Pahmi Deri Sutrisno
Kelas: 4IA11
NPM: 55415292

Tugas 1:

A.     Pengertian Teori Komputasi


Komputasi adalah sebuah istilah umum untuk segala jenis pemrosesan informasi untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Komputasi merupakan sebuah subjek dari Komputer Sains, yang menganalisa apa yang bisa maupun tidak bisa dilakukan secara komputasi.
Sedangkan, definisi dari Teori komputasi  adalah cabang dari ilmu komputer dan matematika yang membahas apakah dan bagaimanakah suatu masalah dapat dipecahkan pada model komputasi, dengan menggunakan algoritma.
Teori komputasi ini mempunyai dua buah cabang yaitu teori kompubilitas dan teori kompleksitas:
·         Teori komputabilitas adalah memeriksa batasan-batasan berbagai model teoretis komputer, termasuk model yang dikenal paling berdaya.
·         Teori kompleksitas adalah pengkajian traktabilitas oleh komputer; beberapa masalah, meski








secara teoretis terselesaikan oleh komputer, tetapi cukup mahal menurut konteks waktu dan ruang, tidak dapat dikerjakan secara praktis, bahkan dengan cepatnya kemajuan perangkat keras komputer.


B.      Implementasi Pada Komputasi
Teori komputasi ini dapat diimplementasikan kedalam bidang - bidang tertentu. Implementasi bidang - bidang yang berkaitan dengan teori komputasi yaitu :
·         Fisika,  dapat menyelesaikan permasalahan medan magnet dengan menggunakan komputasi fisika, dalam hal ini menentukan besarnya medan magnet dan membandiangkan hubungan antara medan magnet dengan panjang kawat.
·         Kimia, algoritma dan program komputer dapat digunakan untuk memungkinkan peramalan sifat-sifat atom dan molekul. Kajian komputasi juga dapat dilakukan untuk menjelajahi mekanisme reaksi dan menjelaskan pengamatan pada reaksi di laboratorium, serta memahami sifat dan perubahan pada sistem makroskopis melalui simulasi yang berlandaskan hukum-hukum interaksi yang ada dalam sistem.
·         Matematika, penerapan teknik-teknik komputasi matematika meliputi metode numerik, scientific computing, metode elemen hingga, metode beda hingga, scientific data mining, scientific process control dan metode terkait lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah real yang berskala besar.
·         Ekonomi, mempeljarai titik pertemuan antara ekonomi dan komputasi, meliputi agent-based computational modelling, computational econometrics dan statistika, komputasi keuangan, computational modelling of dynamic macroeconomic systems dan pengembangan alat bantu dalam pendidikan komputasi ekonomi.
·         Geografi, ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi. Komputasi dalam bidang Geografi biasanya di gunakan untuk peramalan cuaca.
·         Geologi, cabang Ilmu sains yang mempelajari tentang Bumi. Yakni komposisi, struktur , sifat-sifat, sejarah dan proses, komputasi Geologi umumnya digunakan dibidang pertambangan sebuah sistem komputer digunakan untuk menganalisa bahan-bahan mineral dan barang tambang yang terdapat didalam tanah.

C.      Pengertian Komputasi Modern
Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1903-1957). Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.
Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:
  1. Akurasi (big, Floating point)
  2. Kecepatan (dalam satuan Hz)
  3. Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel)
  4. Modeling (NN & GA)
  5. Kompleksitas (Menggunakan Teori big O)
D.     Jenis-jenis Komputasi Modern dan contoh penerapannya
Komputasi modern terbagi tiga macam, yaitu komputasi mobile (bergerak), komputasi grid, dan komputasi cloud (awan). Penjelasan lebih lanjut dari jenis-jenis komputasi modern sebagai berikut :
  1. Mobile computing 
Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.
Dan berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat. 
Contoh Mobile Computing :
  • Kendaraan(untuk pemantauan dan koordinasi, GPS)
  • Peralatan Emergensi(akses kedunia luar)
  • Akses web dalam keadaan bergerak
  • Location aware services
  • Information services
  • Disconnected operations (mobile agents)
  • Entertaintment(network game groups)
Jenis Mobile Computing :
  • Laptop
  • Wearable computer
  • PDA
  • Smart phone
  • Carputer
  • UMPC

2.                  Grid computing
Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar. 
Ada beberapa daftar yang dapat dugunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, adalah: 
  • Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat. 
  • Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka. 
  • Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid. 
Contoh grid computing:
  • Scientific Simulation: Komputasi grid diimplementasikan di bidang fisika, kimia, dan biologi untuk melakukan simulasi terhadap proses yang kompleks.
  • Medical Images: Penggunaan data grid dan komputasi grid untuk menyimpan medical-image. Contohnya adalah eDiaMoND project
  • Computer-Aided Drug Discovery (CADD): Komputasi grid digunakan untuk membantu penemuan obat. Salah satu contohnya adalah: Molecular Modeling Laboratory (MML) di University of North Carolina (UNC)
  • Big Science: Data grid dan komputasi grid digunakan untuk membantu proyek laboratorium yang disponsorioleh pemerintah Contohnya terdapat di DEISA
  • e-Learning: Komputasi grid membantu membangun infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan dalam pertukaran informasi dibidang pendidikan. Contohnya adalah AccessGrid
  • Visualization: Komputasi grid digunakan untuk membantu proses visualisasi perhitungan yang rumit.
  • Microprocessor design: komputasi grid membantu untuk mengurangi microprocessor design cycle dan memudahkan design center untuk membagikan resource lebih efisien. Contohnya ada diMicroprocessor Design Group at IBM Austin
3.                  Cloud computing
Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. 
Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. 

Contoh cloud computing:
  • Email
  • Data storage online
  • kolaborasi, Penkolaborasian data sering kali diperlukan. Karena data yang ingin kita simpan bermacam-macam jenisnya dan fungsinya. ada banayk tools yang dapat digunakan. Contohnya adalah Spicebird, Mikogo, Stixy and Vyew
  • Bekerja pada virtual office, Sering kita memerlukan office untuk memproses data-data. Saat ini kita dapat menggunakan office tidak hanya yang sudah terinstall namun kita juga dapat menggunakan office yang disediakan secara online. Contohnya antara lain Ajax13, ThinkFree and Microsoft’s Office Live. 
  • Kekuatan ekstra processing, Bila membutuhkan kekuatan untuk memproses secara cepat tanpa perlu membeli perangkat tambahan maka salah satu solusinya adalah Amazon’s EC2 virtual computing 
  • ini juga dapat diatur sesuai dengan kebutuhan individu masing -masing orang. contoh yang lain adalah AbiCloud, Elastichosts and NASA’s Nebula platform.





Tugas 2:
Contoh Penerapan Komputasi Modern Pada Bidang Geologi
            Geologi merupakan cabang Ilmu sains yang mempelajari tentang Bumi. Yakni komposisi, struktur , sifat-sifat, sejarah dan proses, komputasi Geologi umumnya digunakan dibidang pertambangan sebuah sistem komputer digunakan untuk menganalisa bahan-bahan mineral dan barang tambang yang terdapat didalam tanah. Implementasi pada bidang ini untuk memetakan letak sumber daya dan kontur dari permukaan bumi yang terdapat hasil tambang.
salah satu contoh penerapan komputasi modern pada bidang geologi yaitu pada website http://www.geologi.esdm.go.id, seperti yang kita ketahui Badan Geologi merupakan salah satu unit teknis di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang berlokasi di Jl. Diponegoro 57, Bandung 40122. Badan Geologi mempunyai tugas yaitu melaksanakan penelitian dan pelayanan di bidang geologi, Badan Geologi juga mempunyai tugas yaitu penyusunan kebijakan teknis, rencana dan program penelitian dan pelayanan di bidang geologi, Pelaksanaan penelitian dan pelayanan di bidang geologi, Pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan penelitian dan pelayanan di bidang geologi dan pelaksanaan administrasi Badan Geologi.

Ketika pertama kali membuka website tersebut maka akan tampil halaman awal seperti berikut

Dimana pada tampilan awal ini kita dapat melihat sejumlah informasi yang ada. Seperti Berita terkini mengenai geologi yang ditampilkan melalu tulisan bergerak dan artikel yang dapat kita lihat, Informasi geologi, status Gunung api di indonesia, hingga peringatan dini gerakan tanah, dan lain-lainnya.
infomrasi lainnya juga di jabarkan melalaui sub menu yang di tampilkan seperti berikut




Pada bagian atas, terdapat logo Badan Geologi  dan disertai dengan tagline yang tertera dibawah logo tersebut, yaitu “Geologi Untuk perlindungan dan Kesejahteraan Masyarakat”.
Pada header bagian kanan terdapat Menu pencari. Menu Pencari ini berfungsi untuk memudahkan para pengunjung website ini dalam memilih artikel yang akan dibaca dan sesuai dengan kata kunci yang dicari pada websie ini.
Dalam website ini juga terdapat pages menu, Pages menu yang ada diwebsite Badan Geologi, yaitu:
-          Home, Menu ini adalah menu yang akan menuju pada halaman awal website
-          Tentang Kami, Menu yang berfungsi untuk menampilkan profil mengenai Badan Geologi
-          Pelayanan, Informasi pelayanan yang ada pada badan geologi dapat di lihat pada menu ini
-          Publikasi, Badan Geologi Memilki beberapa publikasi, Dalam menu ini kita dapat melihat publikasi apa saja yang ada pada Badan Geologi
-          Regulasi, Menu ini akan menampilkan Beberapa regulasi yang berhubungan dengan Badan Geologi seperti:
1. Air Tanah
2. Mineral, Batubara dan Panas Bumi
3. Kebencanaan Geologi
-          Webgis, WebGIS adalah aplikasi GIS atau pemetaan digital yang memanfaatkan jaringan internet sebagai media komunikasi yang berfungsi mendistribusikan, mempublikasikan, mengintegrasikan, mengkomunikasikan dan menyediakan informasi dalam bentuk teks, peta dijital serta menjalankan fungsi–fungsi analisis dan query yang terkait dengan GIS melalui jaringan internet. 
-          E-Proc, E-procurement merupakan suatu proses pengadaan yang mengacu pada penggunaan internet sebagai sarana informasi dan komunikasi
-          Dan Links, Menu link ini akan menampilkan situs-situs yang berkaitan dengan Badan geologi

Di Bagian halaman bawah juga terdapat informasi kontak Badan Geologi yang dapat dihubungi serta RSS (Really Simple Sindication) yakni suatu sistem yang memungkinkan pengunjung untuk mendapatkan update atau artikel terbaru dari website ini secara otomatis. 


KESIMPULAN:

Kesimpulan yang dapat di ambil dari website ini adalah Website ini terlihat sudah menggunakan sistem komputasi modern, Penerapannya yaitu dalam informasi yang disajikan melalui menu-menu yang ada. Semua telah di lakukan melalui komputerisasi, saya sebagai pengunjung awam tidak merasa kesulitan untuk mendapatkan informasi terkait yang ada pada halaman website, tampilan mengenenai informasi status gunung aktif juga cukup menarik dengan menampilkan warna-warna yang dapat bergerak sesuai keterangannya.

Sama Seperti website pada umunya, yang memberikan informasi menarik untuk dibaca, namun dalam website ini tidak memiliki design yang menonjol seperti website lainnya, saya sendiri melihat dari segi tampilan merasa biasa saja, namun tidak menghilangkan fungsionalitasnya yang memebrikan informasi dengan mudah dan jelas untuk setiap pengunjung yang ada, bagi saya website dengan informasi yang mudah dicari akan lebih unggul dari pada website dengan tampilan yang menarik  dan menonjol namun susah mencari infromasi yang diingkan. Dan website Badan geologi menurut saya cukup nyaman di akses.

Dalam hal ini saya sangat setuju bahwa website ini telah memenuhi persyaratan untuk menjadi salah satu website yang kaya akan informasi terbaru dan orisinil. Kita pun dapat berinterkasi seacara langsung dengan badan geologi melalu informasi kontak yang dicantumkan pada halaman web berupa lokasi, alamat email dan nomer telepon Badan Geologi.  Selain itu website ini juga menampilkan berita terkini yang memberikan kemudahan bagi pengunjung yang ingin melihat secara langsung artikel yang akan dibaca, tidak luput dari menu layanan pencarian dengan menggunakan keyword yang nantinya akan menampilkan artikel yang terkait, dengan adanya menu pencari ini memudahkan para pungunjung untuk mencari artikel yang diinginkan.

Pada bagian Haalaman utama juga terdapat banyak menu yang ditampilkan sehingga para pengunjung tidak akan merasa kesulitan untuk menemukan layanan atau sesuatu hal yang dibutuhkan.

Kelebihan : 
  • Tampilan website simple, dan mudah dimengerti oleh para pengunjung
  • Setiap Informasi mengenai keadaan di tampilkan dengan menarik dan jelas beserta keterangannya seperti status gunung api
  • Informasi yang di Tampilkan sangat memudahkan para pengunjung untuk mendapatkan informasi yang diingkan
  • Informasi yang ditampilkan dijelaskan secara rinci

Kekurangan :


  • Design tidak terlalu menarik dan terlihat biasa saja
  • Hanya dapat diakses melalui web browser dan belum memiliki aplikasi sendiri yang bisa diakses oleh perangkat mobile

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makasih sudah Berkunjung, Jangan Lupa Tinggalkan komentar Ya Salam Kenal~

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...