Selasa, 23 April 2019

Kerjasama Dalam Satu TIM


Nama: Pahmi Deri Sutrisno
Kelas: 4IA11
NPM: 55415292

Tugas 2: Kerjasama Dalam Satu Tim

Kerjasama Tim adalah sebuah sistem pekerjaan yang dikerjakan oleh dua orang atau lebih untuk mendapatkan tujuan yang direncanakan bersama. Kerja sama dalam tim kerja menjadi sebuah kebutuhan dalam mewujudkan keberhasilan kinerja dan prestasi kerja. Kerja sama dalam tim kerja akan menjadi suatu daya dorong yang memiliki energi dan sinergisitas bagi individu-individu yang tergabung dalam kerja tim. Komunikasi akan berjalan baik dengan dilandasi kesadaran tanggung jawab tiap anggota.


Contoh nyata kerjasama Tim yang saya rasakan pada saat dulu di SMK melakukan Kegiatan PKL(Praktik Kerja Lapangan), salah satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu, dimana setiap siswa di kelompokan menjadi beberapa kelompok untuk melakukan kegiatan tersebut, yang saya alami pada saat itu awalnya tidak mudah untuk membuat kelompok bisa bekerjasama karna masih terikat ego masing2, pada awalnya kelompok saya belum mendapatkan tempat untuk kita melakukan kegiatan PKL, banyaknya keinginan yang dirasakan pada setiap anggota membuat kelompok kami belum mendapatkan tempat PKL, namun kita harus berfikir secara dewasa jika kita hanya ingin melakukan berdasarkan keinginan sendiri kita tidak akan menyelesaikan tugas tersebut dan justru hanya membuang waktu dengan sia-sia.

Kiat-Kiat Kerjasama Tim yang saya Alami saya akan Jabarkan sesuai dengan pengalamannya saya masing-masing seperti berikut ini:

·         Mengkomunikasikan Tiap Pikiran/Ide dengan Anggota lain
Kemudian waktu lah yang menyadarkan kami untuk segera berfikir rasional, satu sama lain kita menuangkan ide apa saja yang ingin kita lakukan agar mendapatkan tempat PKL yang sesuai dengan keinginan kita, dan pada saat itu setelah menuangkan ide kita bersepakat bahwa kita ingin mencari tempat PKL yang tidak jauh dari Ruang Lingkup TKJ(Teknik Komputer Jaringan), kita kunjungi satu persatu tempat yang menurut kita sesuai untuk kita melakukan kegiatan PKL, Namun Banyakanya penolakan yang ada dikarenakan pada saat itu sudah penuh oleh banyaknya anak PKL yang telah melamar sebelumnya.

·         Tidak Malu-Malu untuk melakukan suatu Hal
Banyaknya penolakan membuat kita akhirnya mencoba untuk berani mendatangkan satu persatu Perusahaan Besar yang sekiranya cocok untuk melakukan kegiatan PKL, kita mencoba membagi 2 bagian anggota untuk setiap anggotnya mecoba melamar di perusahaan besar lainnya, anggota kami yang lainnya mencoba untuk melamar di tempat PT.JLJ dan saya bersama anggota mencoba melamar di XL yang kebetulan bekerjasama dengan PT. Huawei Services, PT.Huawei Services merupakan salah satu penyedia layanan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Huawei menawarkan berbagai produk dan layanan telekomunikasi seperti percakapan, sms, dan layanan berbasis data dan layanan tambahan lainnya.  Dan usaha kami pun Tidak sia-sia, kita di terima di 2 tempat yang telah kita lamar sebelumnya, namun akhirnya kita harus membuat keputusan tempat mana yang cocok untuk kita melakukan kegiatan PKL.

·         Membuat Keputusan Bersama
Kemudian Kita pun akhirnya sepakat untuk memilih PKL di XL, dan disana kita diarahkan ke bagian jaringan bahwa di XL jaringannya di kelola oleh PT.Huawei service, kita diperkenalkan dengan petinggi-petingga yang ada dan melakukan perkenalan yang cukup seru, tetapi setelah itu kita ternyata tidak diperbolehkan melakukan kegiatan PKL bersama, hanya boleh 1 atau dua orang.

·         Bekerja Susai JOB yang telah di tentukan


Dalam hal ini memang sangat bagus untuk melakukan kegiatan tidak lebih dari 2 orang, agar setiap ilmu yang didapat, dapat dengan mudah kita pahami, akhirnya kami membagi bagian mana saja yang akan kita lakukanan nantinya. Saya membagi tugas dengan anggota lainnya bahwa ada bagian dimana anggota kami akan melakukan kegiatan di lapangan dan di dalam kantor, saya pun bersama 1 anggota lainnya bekerja di dalam kantor dan anggota lainnya bekerja di lapangan mengikuti petugas-petugas yang ada. Setiap harisnya kami memulai dengan pekerjaannya masing-masing, tidak lupa untuk membagi pengalaman dan ilmu bersama dengan anggota lainnya yang berbeda pekerjaan,.

·         Membantu Anggota lain Yang kesuliatan dalam Melaksanakan Tugas
Setiap pekerjaan tidak akan lancar begitu saja, Nahkoda yang hebat pun tidak terlahir dari lautan yang tenang, pasti ada kendala yang dialaminya, seperti pada saat itu anggota kami yang berada dilapangan membutuhkan alat yang kurang pada saat dilapangan, kemudian anggota yang ada dilapangan menghubungi kita yang ada di kantor untuk menyiapkan alat tersebut, selanjutnya tim yang ada di lapangan segera mengambil alat yang telah di sediakan di dalam kantor.

·         Menyelesaikan pekerjaan sesuai tegangg waktu yang telah di tentukan
Setiap Siswa hanya diberikan PKL dengan waktu 3 bulan, kami pun hanya bisa merasakan pengalaman kerja di sana dengan waktu kurang lebih 2 bulan, dan setiap pekerjaan yang telah di lakukan tidak lupa kami membuat laporannya untuk nanti pada saat sidang PKL di sekolah, setidaknya dalam waktu 2 bulan itu kami belajar dan merasakan bagaimana jaringan komnukasi bisa berjalan dan di kelola oleh suatu perusahaan jaringan.

·         Melaporkan Hasil yang telah dicapai kepada Ketua TIM
Untuk setiap kelompok hanya ada 1 ketua kelompok yang bertugas untuk mengelola berkas laporan kami pada saat PKL, kemudian semua laporan kerja setiap anggota di serahkan pada ketua kelompok, dimana nantinya ketua kelompok ini akan menggabungkan semua proses laporan kerja kami menjadi satu buat Hardcover untuk di serahkan ke pihak sekolah bahwasannya kami telah melakukan kegiatan PKL dengan baik.

Selang waktu berjalan, sambil menunggu waktu sidang PKL, kami berbincang-bincang mengenai pengalaman PKL disana, tidak lupa untuk membagi ilmu yang didapat untuk setiap anggota. Dan akhirnya kami pun lulus sidang dengan baik dan menjadi kebanggaan tersendiri bahwa telah melaksanan tugas PKL dengan usaha Tim yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makasih sudah Berkunjung, Jangan Lupa Tinggalkan komentar Ya Salam Kenal~

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...