Selasa, 23 April 2019

Menumbuhkan Semangat Belajar


Nama: Pahmi Deri Sutrisno
Kelas: 4IA11
NPM: 55415292


Tugas 3:
Menumbuhkan Semangat belajar

Belajar adalah salah satu proses penting yang kita harus lakukan untuk memberikan  perubahan di dalam kepribadian kita dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, ketrampilan, daya pikir, dan kemampuan-kemampuan yang lain. Belajar perlu adanya dorongan keinginan dari diri sendiri agar apa yang kita pelajari dapat kita pahami, bagi saya belajar yang baik adalah pada saat kita berniat dengan semangat dalam mempelajari apa yang akan kita pelajari sehingga memberikan ilmu yang baru bagi kita.



Disini saya akan menceritakan berdasarakan pengalaman pribadi saya dalam menumbuhkan semangat belajar, contoh nyata dalam menumbuhkan semangat belajar saya yaitu pada saat sebelum pelaksanaan Ujian Kompetensi di SMK, Ujian Kompetensi adalah bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan Ujian Kompetensi bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. dimana setiap siswa di berikan kisi-kisi mengenai materi praktek yang akan dilaksanan di sekolah.

Yang saya alami pada saat itu awalnya saya tidak mengerti mengenai materi yang akan di ujiankan, saya menyadari bahwa materi tersebut susah untuk di pahami, tapi jika saya tidak bertekat untuk berusaha belajar maka saya akan tetap menjadi manusia yang payah atas ke tidak beranian saya untuk merubah pola pikir saya dalam menguasai materi tersebut. Saya mencoba untuk belajar menguasi materi tersbut, tetapi nyatanya jika kita tidak sungguh-sungguh ingin belajar kita tidak akan mendapatkan ilmunya, akhirnya saya mencoba untuk mengkonsepkan cara belajar saya agar memberikan semangat dalam belajar saya.

Kiat-Kiat Membangun Semangat Belajar yang saya alami saya akan Jabarkan sesuai dengan pengalamannya masing-masing seperti berikut ini:

·         Focus pada target yang ingin di capai

Kemudian waktu lah yang menyadarkan saya untuk berfikir rasional, bahwa dalam belajar kita juga harus memliki tujuan, saat itu saya bertujuan untuk menyelesaikan Ujian Kompetensi dengan nilai yang tidak jelek, saya mencoba membuat tujuan utama saya dalam hal ini harus lulus tepat waktu pada Ujian Kompetensi, saya juga menentukan jangka waktu seberapa lama saya bisa menguasai materi tersbut sehingga saya akan lebih semangat dalam belajar agar tujuan saya segera terwujud.

·         Bergaul dengan teman yang semangat belajar

Saya menyadari pergaulan mempengaruhi hidup saya, saya mencoba untuk bergaul dengan teman-teman yang memiliki semangat belajar tinggi agar saya juga menjadi lebih semangat dalam belajar, saya tidak mau lulus hanya sekedar lulus, saya berharap lulus dengan ilmu yang saya miliki untuk kedepannya. Bergaul dengan teman yang memilki semangat belajar memberikan saya perubahan dalam pemahaman materi ujian kompetensi. Bersama teman yang serelasi saya dapat bertukar ilmu mengenai materi yang akan di ujiankan, dengan teman materi yang awalnya tidak mengerti menjadi mengerti. Kita saling belajar bersama-sama, dengan begini menurut saya belajar menjadi lebih seru karna tidak terikat suasana yang tegang.

·         Mengatur Waktu Belajar

Untuk tetap focus pada materi yang saya pelajari saya mengatur waktu belajar saya, biasanya saya belajar cukup 1-2 jam walaupun sedikit yang penting ada yang di pahami, jika sudah merasa lelah dalam belajar saya mencoba untuk melakukan kegiatan lain untuk menyegarkan pikiran, dalam hal ini menonton youtube bagi saya membuat pikiran saya jadi tenang dan menambah wawasan informasi tentunya. Jika sudah mulai merasa segar saya mencoba belajar kembali.

·         Menonton Film motivasi

Biasanya jika semangat saya berkurang, saya mencoba menonton film-film yang serelasi dengan apa yang saya pelajari di smk, misalnya saya menonton film mengenai hacker yang dapat membobol jaringan internet, dari situ lah yang membuat semangat saya kembali lagi, karna kebetulan Di smk materi yang akan di ujiankan yaitu bagaimana cara membuat jaringan komputer lalu membandwitch data yang berjalan dan terakhir memblock situs.

·         Menghadapi kegagalan dengan semangat

Untuk mempelajari materi yang akan diujiankan pada saat itu memang tidak semudah yang dibayangkan, saya sering mengalami kegagalan, tapi kegagalan itu saya tanamkan dalam hati sebagai teman dekat, agar seterusnya jika saya mengalami kegagalan saya sudah biasa menghadapinya. Saya merasakan kegembiraan tersendiri jika saya bisa menghadapi masalah yang ada, terkadang kegagalan itu membuat kita menjadi lebih menguasai diri.

·         Memberi penghargaan pada Diri sendiri

Untuk setiap kegagalan yang bisa saya hadapi biasanya saya memberiakan penghargaan kepada diri saya sendiri, misalnya saya akan mendapatkan makanan kesukaan jika saya menyelesaikan satu tahap atau satu masalah dalam mempelajari materi yang akan di ujian kan. Dengan begitu saya merasakan semangat dalam belajar tetap konsisten dan tidak berkurang.

·         Menanamkan Pikiran Bahwa Belajar Itu Seru

Pada dasarnya untuk memiliki semangat belajar itu tergantung berdasarkan mindset dan perasaan kita, jika kita sudah berfikir negatif pastinya ilmu yang akan di pelajari tidak akan masuk ke otak, tapi sebaliknya jika kita bisa membuat pikiran bahwa belajar itu seru saya yakin bahwa apapun ilmu itu akan dengan mudah kita kuasai, begitu juga dengan saya pada saat mempelajari materi ujian kompetensi, hari demi hari saya mencoba untuk menanamkan pikiran bahwa belajar jaringan itu seru, agar dapat menambahkan semangat saya dalam mempelajari materi ujian kompetensi yang akan di laksanakan sebagai syarat kelulusan.

Dan pada akhirnya kerja keras saya membuah kan hasil, saya mulai menguasai materi yang di ujiankan dan pada saat pelaksanaan ujian, saya merasakan ketenangan yang luar biasa, sehingga membuat saya merasa senang dalam melaksanakan ujian tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makasih sudah Berkunjung, Jangan Lupa Tinggalkan komentar Ya Salam Kenal~

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...