Selasa, 23 April 2019

Komputasi Modern


Nama: Pahmi Deri Sutrisno
Kelas: 4IA11
NPM: 55415292


Tugas 3:
A.     Pengertian Komputasi Modern

Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1903-1957). Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.



Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:

  1. Akurasi (big, Floating point)
  2. Kecepatan (dalam satuan Hz)
  3. Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel)
  4. Modeling (NN & GA)
  5. Kompleksitas (Menggunakan Teori big O)
B.      Sejarah Komputasi Modern

Penggunaan pertama dari kata “komputer” dicatat pada 1613, mengacu pada seseorang yang melakukan perhitungan, atau perhitungan, dan kata terus digunakan dalam pengertian itu sampai pertengahan abad ke-20. Dari akhir abad ke-19 dan seterusnya. Namun, kata mulai mengambil makna yang lebih akrab, menggambarkan sebuah mesin yang melakukan perhitungan. 

Sejarah komputer modern dimulai dengan dua teknologi yang terpisah –perhitungan otomatis dan permrograman– tapi tidak ada satu perangkat yang dapat diidentifikasi sebagai komputer yang paling awal, sebagian karena penerapan yang tidak konsisten istilah tersebut. Contoh awal perangkat penghitung mekanis termasuk sempoa, slide aturan dan agrueable astrolabe dan mekanisme antikythera (yang berasal dari sekitar 150-100 SM). Pahlawan Iskandariyah (sekitar 10-70 AD) membangun sebuah teater mekanis yang digelar sebuah drama yang berlangsung 10 menit dan dioperasikan oleh sebuah sistem yang kompleks tali dan drum yang mungkin dianggap sebagai sarana untuk memutuskan bagian mana dari mekanisme yang dilakukan tindakan dan kapan. ini adalah inti dari kemampuan pemrograman.   

Jam benteng (castle clock)”, sebuah jam astronomi yang ditemukan oleh Al-Jazari pada 1206, dianggap paling awal komputer analog yang dapat diprogram. menampilkan zodiak, matahari dan bulan mengorbit, yang berbentuk bulan sabit pointer untuk melakukan perjalanan di sebuah gateway menyebabkan pintu otomatis untuk membuka setiap jam, dan lima robot musisi yang memainkan musik ketika diserang oleh tuas yang dioperasikan oleh Camshaft menempel pada roda air. Sepanjang siang dan malam bisa kembali diprogram untuk mengimbangi perubahan panjang siang dan malam sepanjang tahun. 

Renaissance melihat invigoration ulang dari matematika dan teknik orang Eropa. 1623 perangkat Wilhelm Schickard’s merupakan yang pertama dari sejumlah kalkulator mekanik european dibangun oleh insinyur, tetapi tidak ada yang sesuai dengan definisi modern dari sebuah komputer, karena mereka tidak bisa diprogram. pada tahun 1801, Joseph Marie Jacquard membuat perbaikan untuk tekstil alat tenun dengan memperkenalkan serangkaian menekan kartu kertas sebagai template yang membiarkan alat tenun menenun secara otomatis pola-pola rumit. Alat tenun Jacquard yang dihasilkan merupakan langkah penting dalam pengembangan komputer karena penggunaan kartu menekan untuk menentukan pola-pola anyaman dapat dilihat sebagai suatu awal, meskipun terbatas bentuk kemampuan pemrogramannya. 
Jika berbicara siapakah tokoh yang paling berpengaruh terhadap perkembangan ilmu komputer dan komputasi modern, John Von Neumann-lah orangnya. John Von Neumann adalah salah satu ahli matematika terbesar abad ini. Beliaulah yang pertama kali menggagas konsep sebuah sistem yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori. Konsep inilah yang menjadi dasar arsitektur komputer hingga saat ini. Beliau juga salah seorang ilmuwan yang sangat berpengaruh dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. 
Kepiawaian Von Neumann terletak pada bidang teori game yang melahirkan konsep seluler automata, teknologi bom atom, dan komputasi modern yang melahirkan komputer. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya. 

Von Neumann dilahirkan di Budapest, ibu kota Hungaria, pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos. Dia adalah anak pertama dari pasangan Neumann Miksa dan Kann Margit. Di sana, nama keluarga diletakkan di depan nama asli. Sehingga dalam bahasa Inggris, nama orang tuanya menjadi Max Neumann dan Margaret Kann. Max Neumann memperoleh gelar dan namanya berubah menjadi Von Neumann. Max Neumann adalah seorang Yahudi Hungaria yang bergelar doktor dalam ilmu hukum. Dia juga seorang pengacara untuk sebuah bank. Pada tahun 1903, Budapest terkenal sebagai tempat lahirnya para manusia genius dari bidang sains, penulis, seniman dan musisi. 

Sebagai anak yang terlahir genius, Von Neumann memiliki minat yang besar di berbagai bidang, 
terutama matematika. Dia selalu menjadi yang terbaik pada semua bidang tersebut di sekolahnya. Dia tidak hanya tertarik pada matematika dan logika, namun juga pada sejarah. Pada umur delapan tahun dia sudah mambaca 40 volume sejarah dunia dari buku-buku di perpustakaan keluarganya. 

Bisa dikatakan, pada umur yang masih belia, Von Neumann mampu menyeimbangkan kemampuan logika analitisnya dengan kemampuan sosial. Pada usia 17 tahun, Von Neumann sudah mempublikasikan papernya sendiri untuk Journal of the German Mathematical Society, pada tahun 1922. Pada tahun 1921, Von Neumann disekolahkan ayahnya ke Universitas Berlin untuk menjadi insinyur teknik kimia. Berselang dua tahun kemudian ia melanjutkan pendidikan ke Zurich. Sebenarnya Von Neumann kurang tertarik dengan bidang kimia atau bidang engineering, namun ayahnya mendorong dia untuk mempelajari kimia. Pada waktu itu teknik kimia sedang populer dan menjanjikan karier yang cerah bagi para insinyurnya. Oleh karena itu, ayahnya mengharuskan Von Neumann mengikuti pendidikan kimia tanpa gelar selama dua tahun di Berlin, lalu melanjutkan di Eidgennossische Technische Hochschule (ETH) Zurich pada bidang yang sama. Ujian masuk ETH terkenal sulit, bahkan Albert Einstein pernah gagal dalam ujian masuk di tahun 1895 dan berhasil lulus pada ujian tahun berikutnya.   

Keinginan Von Neumann untuk mempelajari matematika dilakukannya pada musim panas setelah studinya di Berlin dan sebelum masuk ETH Zurich. Dia menjadi mahasiswa program doktor pada Universitas Budapest. Tesis doktornya bertemakan aksiomasisai teori himpunan (set theory) yang dikembangkan George Cantor. Pada masa itu, set theory merupakan salah satu topik 'menantang' di dunia matematika. 
Akhirnya pada tahun 1926, dia lulus dengan dua gelar yaitu gelar S1 pada bidang teknik kimia dari ETH dan gelar doktor (Ph.D) pada bidang matematika dari Universitas Budapest. Semua itu diraihnya pada usia 22 tahun!

C.      Macam-macam Komputasi Modern dan contoh penerapannya

Komputasi modern terbagi tiga macam, yaitu komputasi mobile (bergerak), komputasi grid, dan komputasi cloud (awan). Penjelasan lebih lanjut dari jenis-jenis komputasi modern sebagai berikut :

  1. Mobile computing 
Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.

Dan berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat. 

Contoh Mobile Computing :

  • Kendaraan(untuk pemantauan dan koordinasi, GPS)
  • Peralatan Emergensi(akses kedunia luar)
  • Akses web dalam keadaan bergerak
  • Location aware services
  • Information services
  • Disconnected operations (mobile agents)
  • Entertaintment(network game groups)
Jenis Mobile Computing :

  • Laptop
  • Wearable computer
  • PDA
  • Smart phone
  • Carputer
  • UMPC
     2.                  Grid computing

Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar. 

Ada beberapa daftar yang dapat dugunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, adalah: 

  • Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat. 
  • Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka. 
  • Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid. 
Contoh grid computing:

  • Scientific Simulation: Komputasi grid diimplementasikan di bidang fisika, kimia, dan biologi untuk melakukan simulasi terhadap proses yang kompleks.
  • Medical Images: Penggunaan data grid dan komputasi grid untuk menyimpan medical-image. Contohnya adalah eDiaMoND project
  • Computer-Aided Drug Discovery (CADD): Komputasi grid digunakan untuk membantu penemuan obat. Salah satu contohnya adalah: Molecular Modeling Laboratory (MML) di University of North Carolina (UNC)
  • Big Science: Data grid dan komputasi grid digunakan untuk membantu proyek laboratorium yang disponsorioleh pemerintah Contohnya terdapat di DEISA
  • e-Learning: Komputasi grid membantu membangun infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan dalam pertukaran informasi dibidang pendidikan. Contohnya adalah AccessGrid
  • Visualization: Komputasi grid digunakan untuk membantu proses visualisasi perhitungan yang rumit.
  • Microprocessor design: komputasi grid membantu untuk mengurangi microprocessor design cycle dan memudahkan design center untuk membagikan resource lebih efisien. Contohnya ada diMicroprocessor Design Group at IBM Austin
3.      Cloud computing

Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. 

Contoh cloud computing:

  • Email
  • Data storage online
  • kolaborasi, Penkolaborasian data sering kali diperlukan. Karena data yang ingin kita simpan bermacam-macam jenisnya dan fungsinya. ada banayk tools yang dapat digunakan. Contohnya adalah Spicebird, Mikogo, Stixy and Vyew
  • Bekerja pada virtual office, Sering kita memerlukan office untuk memproses data-data. Saat ini kita dapat menggunakan office tidak hanya yang sudah terinstall namun kita juga dapat menggunakan office yang disediakan secara online. Contohnya antara lain Ajax13, ThinkFree and Microsoft’s Office Live. 
  • Kekuatan ekstra processing, Bila membutuhkan kekuatan untuk memproses secara cepat tanpa perlu membeli perangkat tambahan maka salah satu solusinya adalah Amazon’s EC2 virtual computing 
  • ini juga dapat diatur sesuai dengan kebutuhan individu masing -masing orang. contoh yang lain adalah AbiCloud, Elastichosts and NASA’s Nebula platform.

TANGGAPAN SAYA:

Menurut saya saat ini memang penerapan komputasi modern sangat kita rasakan, bahkan dalam melakukan aktifitas pun saya mengakui tidak jauh dari penggunaan komputasi modern, Kemajuan Komputasi Modern dari jaman ke jaman akan terus berkembang sehingga akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mempermudah aktifitasnya, contoh yang sangat berguna dari adanya komputasi modern ini menurut saya yaitu komunikasi, saat ini komunikasi tidak lah sulit, kita dapat menggunakan dan mengaksesnya melalui pelantara komputasi modern ini tanpa adanya keterbatasan waktu. dengan adanya Komputasi modern ini kita juga dengan mudah untuk mendapatkan infromasi yang dibutuhkan. Komputasi modern merupakan suatu kemajuan teknologi yang akan terus bermanfaat untuk manusia. Pekerjaan dan kegiatan manusia akan terbantu dengan adanya komputasi. Teknologi ini memudahkan perhitungan maupun penyimpanan file di zaman sekarang.

Walau penggunaannya sangat membatu tetapi Komputasi Modern juga memiliki Kelebihan dan kekurangan, berikut kelebihan dan kekurangan dari penggunaan Komputasi Modern ini:

·         Kelebihan

1.      Mempermudah Mencari Informasi.
Informasi yang kita cari dapat dengan mudah kita lakukan, kita hanya perlu mengetik informasi yang diinginkan melalui perangkat mobile computing seperti melalui smartphone, laptop dan pc, maka secara otomatis informasi yang terkait akan muncul.

2.      Peningkatan Komunikasi
Komputasi modern telah memberikan kemudahan bagi kita. Ini dapat termasuk seperti video conferencing, aplikasi pesan teks instan, aplikasi jejaring sosial. Semua itu dapat kita akses melalui perangkat-perangkat mobile computing yang telah menyederhanakan cara kita berkomunikasi. 

3.      Mempermudah dalam Penyimpanan File
Saat ini kita tidak perlu lagi memikirkan bagaimana menyimpan file yang kita miliki, dengan adanya aplikasi-aplikasi penyimpanan online ini membantu kita untuk menyimpan dan mengelola file yang kita miliki, yang dimana aplikasi tersebut termasuk dalam Cloud computing.

4.      Membantu dalam Industri kesehatan
saat ini sebagian besar rumah sakit telah menerapkan Komputasi Modern di kamar bedah, ini telah mengurangi dari kesalahan yang dibuat oleh dokter. Bahkan Komputasi grid dapat digunakan untuk membantu penemuan obat.  


5.      Membantu membangun infrastruktur di bidang pendidikan
Dibidang pendidikan Komputasi Modern sangat berperan penting, salah satunya yaitu E-learning. Dimana jenis Grid Computing ini memberikan kemudahan bagi para pelajar dalam mempelajari ilmu yang di pelajari.

·         Kekurangan

1.      Kinerja Dari Komputasi Modern akan Terhambat Oleh Jaringan.
Untuk menjalankan berbagai macam jenis Komputasi modern kita butuh terkoneksi oleh jaringan internet, dimana jika jaringan internet mengalami masalah, maka akan berpengaruh pada kinerja dari Komputasi Modern.

2.      Interaksi Secara langsung Mulai Berkurang.
Banyak sekali orang-orang yang menghabiskan waktunya untuk bermain video game, belajar bagaimana menggunakan Komputasi modern baru, menggunakan jaringan sosial dan mereka mengabaikan kehidupan nyata mereka. Komputasi Modern yang berkembang saat ini telah menggantikan cara lama kita berinteraksi.

3.      Mengurangi lapangan pekerjaan
Perkembangan Komputasi Modern telah menggantikan banyak pekerjaan manusia, saat ini kita dapat menjumpai robot yang melakukan pekerjaan dimana perkerjaan itu dulu dilakukan oleh manusia.  Banyak perusahaan yang telah mempekerjakan robot pada lini produksi untuk meningkatkan produksi dan efisiensi, sehingga memberikan kekawatiran bagi karyawan yang berkeja dibidangnya tersebut.

4.      Berketergantungan Pada Alat
Contoh yang kita rasakan yaitu pengguaan kalkulator yang telah mengurangi kreativitas kita. Kita sering menggunakannya untuk dapat memecahkan persamaan matematika. Ini mempengaruhi cara kita menggunakan otak dan mengurangi tingkat kreativitas.

5.      Membutuhkan Perangkat dengan spesifikasi yang tinggi
Untuk dapat menjalankan aplikasi Komputasi dengan lancar kita membutuhkan perangkat-perangkat dengan spesifikasi yang cukup bagus, dimana untuk mendapatkanya kita harus mengeluarkan biaya yang tidak murah.


DAFTAR PUSTAKA:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makasih sudah Berkunjung, Jangan Lupa Tinggalkan komentar Ya Salam Kenal~

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...